Selamat, Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj Emma Dety Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN

Selamat, Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj Emma Dety Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN

Selamat, Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj Emma Dety Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN--Istimewa

RADAR JABAR -  Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj Emma Dety Permanawati Dadang Supriatna S.Pd.I., M.M., menerima penghargaan Manggala Karya Kencana pada acara puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 29 Juni 2024.

Dalam kegiatan tersebut, Emma Dety   bersama para penerima penghargaan lainnya se-Indonesia berkumpul di Gedung Gradika  Bhakti Praja Jalan  Pahlawan Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (28/6/2024).

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Emma Dety, selaku Ketua TP PKK Kabupaten Bandung dinilai sebagai salah satu Ketua TP PKK  yang sangat peduli dan berperan menonjol dalam penyelenggaraan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam Pembangunan Keluarga Sejahtera.

Emma Dety juga dinilai terus-menerus berupaya menggalakan sosialisasi kepada warga masyarakat Kabupaten Bandung, terutama pada program percepatan penurunan stunting.

Terkait angka kesadaran masyarakat akan pentingnya program Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Bandung, Emma Dety  juga tidak lepas bahwa PKK sebagai salah satu lembaga mitra pemerintah yang dekat dengan masyarakat hingga di tingkat Dasa Wisma. 

Selama kiprahnya di lapangan, Tim Penggerak PKK selalu siap berkolaborasi dalam menyukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana) yang merupakan program dari BKKBN.

Peran aktif PKK dalam menggerakkan program Banggakencana sejalan dengan 10 program pokok PKK yang disinergikan dengan program Ketahanan Keluarga. Selain itu   menggerakkan kader PKK dalam memberikan KIE (Komunikasi Informasi Edukasi) kepada sasaran yang akan ber-KB untuk dilaksanakan pelayanan keluarga berencana serta bersinergis dengan  program kampung KB (Keluarga Berencana). 

Melalui penerapan program kampung KB akan memberikan dan meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga. Tentunya, dengan perencanaan yang baik akan menciptakan keluarga yang berkualitas dan sehat.

Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Emma Dety ini juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dirinya untuk menerima penghargaan Manggala Karya Kencana. 

Bunda Bedas ini juga berharap sosialisasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana ini dapat terus ditingkatkan guna menjadikan keluarga yang bahagia dan sejahtera sesuai dengan tageline BKKBN "Dua anak lebih sehat".

"Dengan diberikannya penghargaan ini dapat menambah semangat bagi kami. Apalagi sebagai pendamping suami, yang saat ini sebagai Kepala Pemerintah Daerah (Bupati Bandung Dadang Supriatna) untuk meningkatkan kerja kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT," tuturnya.

Emma Dety mengatakan, masyarakat kini lebih cerdas untuk mengikuti program KB yang digalakan pemerintah.

Sumber: