10 Kota Terpanas di Indonesia dengan Suhu 30 Derajat Celcius Lebih

10 Kota Terpanas di Indonesia dengan Suhu 30 Derajat Celcius Lebih

10 Daftar Kota Terpanas di Indonesia-Ilustrasi/Pixabay-

Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda melaporkan suhu tertinggi di Kota Banda Aceh mencapai 34,4 derajat Celsius.

Kota Banda Aceh adalah ibu kota provinsi Aceh yang menjadi pusat pemerintahan, ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Kota ini juga merupakan kota Islam tertua di Asia Tenggara, menjadi ibu kota dari Kesultanan Aceh.

Ketinggian wilayah Kota Banda Aceh bervariasi, dengan titik terendah mencapai 0,45 meter di bawah permukaan laut dan tertinggi 1 meter di atas permukaan laut, serta ketinggian rata-rata sekitar 0,80 meter di atas permukaan laut.

9. Kota Tangerang Selatan - Banten

Berdasarkan pemantauan Stasiun Klimatologi Banten, suhu tertinggi di Kota Tangerang Selatan mencapai 34,6 derajat Celsius.

BACA JUGA:10 Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Indonesia, Ada Bandung

Kota Tangerang Selatan terletak di provinsi Banten, sekitar 90 km sebelah tenggara ibu kota provinsi, yaitu Kota Serang. Kota ini merupakan bagian dari Kawasan Metropolitan Jakarta Raya, berjarak sekitar 30 km dari barat Jakarta.

Tangerang Selatan memiliki topografi yang relatif datar, dengan beberapa kecamatan memiliki lahan bergelombang, terutama di perbatasan antara Kecamatan Setu, Kecamatan Pamulang, dan sebagian Kecamatan Ciputat Timur.

10. Kabupaten Majene - Sulawesi Barat

Menurut pantauan Pos Meteorologi Majene, suhu tertinggi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat mencapai 36,6 derajat Celsius. Di Kabupaten Majene, indeks UltraViolet (UV) mencapai level ekstrem dengan tingkat risiko bahaya sangat tinggi.

Kabupaten Majene merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat dengan ibu kota kabupaten di Kota Banggai. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 947,84 km² dan topografi yang sangat bervariasi, meliputi dataran rendah, perbukitan, dan dataran tinggi.

Dataran rendah mencakup 25% wilayah kabupaten, sedangkan dataran tinggi mencapai 60% dan sisanya perbukitan dengan ketinggian wilayah antara 0 hingga 1600 meter di atas permukaan laut. Wilayah pesisir di sepanjang batas barat kabupaten ini cenderung datar dan sempit.

Itulah 10 kota dengan cuaca terpanas di Indonesia. Panas terik seperti yang terjadi saat ini sangat perlu untuk kita waspadai karena tubuh rentan mengalami masalah kesehatan seperti dehidrasi, heat stroke, dan gangguan kesehatan lainnya. Maka, penting untuk cukupi kebutuhan air tubuh dan menghindari kontak langsung dengan matahari menggunakan topi atau payung.

Sumber: