10 Kota Terpanas di Indonesia dengan Suhu 30 Derajat Celcius Lebih

10 Kota Terpanas di Indonesia dengan Suhu 30 Derajat Celcius Lebih

10 Daftar Kota Terpanas di Indonesia-Ilustrasi/Pixabay-

Kabupaten Flores Timur memiliki wilayah daratan, pesisir, dan laut. Letak geografis Flores Timur memengaruhi iklimnya menjadi sabana tropis atau iklim tropis basah dan kering dengan curah hujan yang rendah.

4. Kota Palu - Sulawesi Tengah

Suhu tertinggi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, tercatat 33,8 derajat Celsius. Kota Palu adalah kota yang berada di tepi laut dan merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Kota Palu dikenal sebagai "Kota Lima Dimensi" karena terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk. Letaknya yang dekat dengan garis katulistiwa dan dikelilingi oleh pegunungan serta pantai membuat wilayah kota Palu berada pada ketinggian 100 hingga 500 meter di atas permukaan laut.

Kota Palu juga termasuk salah satu kota tropis terkering di Indonesia dengan curah hujan kurang dari 1500 mm per tahun.

5. Kota Sabang - Aceh

Menurut Stasiun Meteorologi Maimun Saleh, suhu tertinggi di Kota Sabang, Aceh adalah 34 derajat Celsius. Kota Sabang merupakan kota di provinsi Aceh yang terdiri dari kepulauan di seberang utara Pulau Sumatera dengan Pulau We sebagai pulau terbesarnya.

BACA JUGA:10 Kota Ternyaman di Indonesia untuk Ditinggali Jangka Panjang

Kota Sabang dikenal sebagai Zona Ekonomi Bebas Indonesia dan sering disebut sebagai titik paling utara dan barat Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo.

Kota Sabang terdiri dari lima pulau utama yaitu Pulau We, Pulau Klah, Pulau Rubiah, Pulau Silako, dan Pulau Rondo, serta beberapa gugusan pulau batu di pantai utara.

6. Kota Palembang - Sumatera Selatan

Menurut pemantauan Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan, suhu tertinggi di Kota Palembang, Sumatera Selatan mencapai 34,2 derajat Celsius. Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan dengan luas wilayah 400 km² dan ketinggian rata-rata 8 meter di atas permukaan laut.

Letak Palembang sangat strategis karena dilalui oleh Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan antar daerah di pulau Sumatera. Curah hujan per tahun di kota ini berkisar antara 2000 hingga 3000 mm dengan kelembaban udara antara 75 hingga 89% dan rata-rata penyinaran matahari sekitar 45%.

Topografi tanahnya relatif datar dan rendah, dengan sebagian besar wilayahnya berupa daerah rawa yang tergenang pada musim hujan, terutama bagian selatan kota.

7. Kabupaten Aceh Utara - Aceh

Laporan dari Stasiun Meteorologi Malikussaleh mencatat suhu terpanas di Kabupaten Aceh Utara, Aceh adalah 34,2 derajat Celsius.

BACA JUGA:10 Kota Termiskin di Indonesia Pada 2024 Menurut Data BPS

Aceh Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Aceh yang memiliki topografi yang sangat bervariasi, mulai dari daerah dataran rendah luas di utara hingga daerah pegunungan di selatan. Kota Luwksukon merupakan ibu kota kabupaten ini setelah dipindahkan dari Kota Lhokseumawe.

Wilayah Aceh Utara dilintasi oleh Jalan Lintas Timur Sumatera di dataran rendah, menjadikannya kawasan yang lebih berkembang secara ekonomi dibandingkan wilayah selatan yang lebih pedalaman.

8. Kota Banda Aceh - Aceh

Sumber: