PGN Tambah Jargas di Kota Semarang, 2 Ribu Rumah Tangga Bisa Nikmati Gas Bumi

PGN Tambah Jargas di Kota Semarang, 2 Ribu Rumah Tangga Bisa Nikmati Gas Bumi

PGN Tambah Jargas di Kota Semarang, 2 Ribu Rumah Tangga Bisa Nikmati Gas Bumi--Istimewa

RADAR JABARPT PGN Tbk terus mendorong penggunaan energi bersih di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pada akhir Mei, PGN melaksanakan penyaluran gas perdana untuk 2.173 Sambungan Rumah (SR) di Semarang.

PGN bekerja sama dengan pemerintah pusat, melalui Ditjen Migas Kementerian ESDM, dalam pengembangan jaringan gas rumah tangga yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Penyaluran gas ini disaksikan oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi, Ditjen Migas Kementerian ESDM, Noor Arifin Muhammad, bersama dengan Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Harry Budi Sidharta, Direktur Komersial PGN Ratih Esti Prihatini, GM SOR 3 Hedi Hedianto, serta Group Head City Gas Project Agung Kusbiantoro.

Harry Budi Sidharta, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, menyatakan bahwa 2.173 SR ini adalah bagian dari proyek jaringan gas yang sedang dibangun oleh PGN pada tahun 2024. Dari Januari hingga Mei 2024, telah terpasang 12.000 SR dan 10.600 SR telah aktif. PGN merencanakan pembangunan total pipa distribusi sepanjang ± 2.242 KM di berbagai wilayah Indonesia pada tahun 2024, termasuk infrastruktur gas di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Harry berharap dengan dukungan pemerintah, pembangunan jaringan gas dapat berjalan lancar di berbagai wilayah dan mencapai target yang telah ditetapkan. PGN berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan jaringan gas guna meningkatkan bauran energi nasional.

Harry juga menambahkan bahwa PGN mengembangkan jaringan gas dengan skema beyond pipeline untuk memenuhi kebutuhan gas bumi rumah tangga di daerah yang belum terjangkau pipa gas dan jauh dari sumber gas. Skema ini dilaksanakan di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan di IKN yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

“Penambahan jargas rumah tangga di Semarang diharapkan bisa memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Jargas bisa memberikan pengalaman menggunakan energi ramah lingkungan yang praktis, efisien, aman, dan mengalir non stop 24/7,” imbuh Harry.

Sebagai Subholding Gas Pertamina, PGN terus menjalankan perannya sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung pembangunan jaringan gas rumah tangga. Selain berkontribusi pada bauran energi nasional, jaringan gas rumah tangga juga membantu mengurangi subsidi energi.

Sumber: