KPU Jabar Luncurkan Pilgub 2024: Edukasi Kepada Masyarakat untuk Pilkada Serentak

KPU Jabar Luncurkan Pilgub 2024: Edukasi Kepada Masyarakat untuk Pilkada Serentak

KPU Jabar Luncurkan Pilgub 2024 Edukasi Kepada Masyarakat untuk Pilkada Serentak--Sumber gambar: Antaranews.com

RADAR JABAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat akan mengadakan acara peluncuran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar pada hari Senin (27/5), sebagai upaya edukasi kepada masyarakat mengenai Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024. 

"Peluncuran ini ingin mengingatkan masyarakat terkait adanya pemilihan kepala daerah serentak, serta mengedukasi bahwa Pilgub dan Pilkada Serentak ini, bukanlah agenda penyelenggara pemilu dan pemerintah semata, tapi semua warga yang dijamin hak konstitusionalnya," kata Kadiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat Hedi Ardia di Bandung, Rabu.

Peluncuran Pilgub Jabar 2024 yang akan dilaksanakan di Sasana Budaya Ganesha ITB pada pekan depan menandai langkah awal penting dalam rangkaian proses pemilihan yang akan menentukan pemimpin Jawa Barat berikutnya. Tema Pilgub 2024 adalah "Pilgub Jabar 2024 sebagai Inisiasi Budaya Demokrasi". 

"Kenapa tema itu yang diangkat karena memang kami ingin merevitalisasi budaya sebagai bagian penting dari penguatan nilai-nilai Demokrasi. Sejak lama, budaya kita dengan silih asah, silih asih dan silih asuhnya kompatibel dengan nilai universal Demokrasi yang menghargai hak orang lain. Akan tetapi dilupakan, makanya pemilu jadi menyeramkan," kata Hedi.

Lewat tema tersebut juga, diharapkan bisa menjadi ajang edukasi dan partisipasi berdampak positif bagi penguatan sistem Demokrasi di Jawa Barat.

"Karena, Pilgub bukan sekadar memilih pemimpin tapi peluang penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya partisipasi aktif publik dalam membuat kebijakan," ucapnya.

 

BACA JUGA: Jelang Pilkada 2024, Sejumlah Nama Telah Mengambil Formulir Pendaftaran Ke PKB , 2 Diantaranya Mantan Wabup



Hedi menjelaskan bahwa konsep acara peluncuran akan disesuaikan dengan tema yang diusung, yaitu inisiasi budaya. Oleh karena itu, acara tersebut akan menampilkan berbagai unsur budaya yang mewakili daerah-daerah di Jawa Barat. 

"Pada momen tersebut kami juga akan memperkenalkan maskot dan jingle yang akan digunakan pada perhelatan Pilgub Jabar 2024. Untuk maskotnya sendiri berupa dua maung yang diberi nama Sili dan Wangi yang diambil dari kata Siliwangi," ujarnya.

Menurut informasi yang diperoleh, harimau sumbu secara historis adalah simbol Jawa Barat dan TKR Divisi Siliwangi. Hewan ini memiliki bulu berwarna kuning dengan garis-garis hitam mencolok yang melambangkan keindahan alam Jawa Barat yang subur dan beragam.

Jingle yang berjudul "Suara Untuk Jawa Barat" diciptakan oleh seorang warga Kabupaten Tasikmalaya. Baik maskot maupun jingle ini merupakan hasil dari sayembara yang diselenggarakan oleh KPU Jawa Barat sejak sebulan yang lalu, dengan pemenang dipilih oleh dewan juri yang ahli di bidangnya masing-masing.

Sumber: antaranews.com