Menjelang Idul Adha 2024 Kebutuhan Hewan Kurban di Jawa Barat Diprediksi Meningkat hingga 15 Persen

Menjelang Idul Adha 2024 Kebutuhan Hewan Kurban di Jawa Barat Diprediksi Meningkat hingga 15 Persen

Menjelang Idul Adha 2024 Kebutuhan Hewan Kurban di Jawa Barat-ilustrasi-(Sumber Gambar: Pixabay)

RADAR JABAR - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) memprediksi peningkatan kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala DKPP Jabar, Arifin Soedjayana, menyatakan bahwa peningkatan kebutuhan hewan kurban diperkirakan mencapai sekitar 12 hingga 15 persen.

"Untuk tahun ini (2024), proyeksi kami dari hasil koordinasi dengan beberapa pihak seperti MUI, Kemenag, dan juga para pedagang, kebutuhan hewan kurban diperkirakan naik sekitar 12 - 15 persen dibandingkan tahun 2023 yang hanya 316 ribu," ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (20/5).

Arifin menjelaskan bahwa selain meningkatnya permintaan dari masyarakat, prediksi peningkatan kebutuhan hewan kurban ini juga dipengaruhi oleh faktor pengendalian penyakit hewan ternak. Penyakit yang sering menyerang hewan ternak seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) telah dinyatakan terkendali.

 

BACA JUGA:Idul Adha Banyak Makan Daging, Khawatir Kolesterol Naik? Atasi dengan Konsumsi ini

 

"Sehingga untuk hewan kurban tahun ini sudah terkendali dan aman. Karena semua hewan (ternak) yang masuk ke Jawa Barat itu harus dikarantina terlebih dahulu. Jadi mereka (hewan ternak) sudah divaksin dan diobati. Jadi insyaallah aman," ungkapnya.

Arifin juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir dalam membeli hewan kurban pada Idul Adha nanti.

 

BACA JUGA:Amalan Sunah yang Sebaiknya Dikerjakan Sebelum Salat Idul Adha

 

"Masyarakat jangan khawatir bahwa hewan kurban khususnya dari sisi ketersediaan dan kesehatan hewan, insyaallah di Jawa Barat aman karena semua sudah dilakukan tahapan-tahapan agar sesuai aturan dan prosedur," pungkasnya.

Dengan langkah-langkah yang telah diambil oleh DKPP Jabar, diharapkan kebutuhan hewan kurban di Jawa Barat dapat terpenuhi dengan baik dan masyarakat dapat menjalankan ibadah kurban dengan tenang dan aman (*).

Sumber: Jabar Ekspres