Amalan Sunah yang Sebaiknya Dikerjakan Sebelum Salat Idul Adha

Amalan Sunah yang Sebaiknya Dikerjakan Sebelum Salat Idul Adha

Ilustrasi salat Idul Adha yang dilakukan setelah melakukan amalan sunah tuntunan Rosulullah.-pixabay-

Mengerjakan salat  Idul Adha merupakan salat sunnah yang sangat dianjurkan. Selain karena hanya sekali dalam setahun, ternyata salat Idul Adha memiliki banyak keutamaan. Sebelum melakukan salat Idul Adha ada baiknya melakukan amalan sunah yang diajarkan Rosulullah.

Karena setiap amalan memiliki kebaikan didalamnya, bahkan Rosul sendiri yang mencontohkan hal tersebut.

Sama halnya dengan amalan sebelum melakukan salat Idul Fitri. Beberapa amalan ini juga ditambahkan khusus dalam sebelum salat Idul Adha , seperti larangan memotong kuku dan rambut sebelum hewan kurban dipotong.

Pembedaan lain, juga terlihat saat anjuran tidak makan terlebih dahulu sebelum salat Idul Adha, ini berbeda dengan salat Idul Fitri yang malah dianjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat salah Ied.

Disini tentu ada maksud dan tujuannya. Karena saat Idul Fitri, Rosul mencontohkan makan terlebih dahulu kepada sahabat, sebagai tanda telah berakhirnya bulan Ramadhan.

Ada beberapa hal yang dilakukan Rasulullah SAW sebelum melaksanakan sholat Idul Adha. Dikutip dari buku Fiqih Sunnah 2 oleh Sayyid Sabiq, berikut amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha:

  1. Tidak Makan Sebelum Sholat Idul Adha

Pada hari raya Idul Adha, umat Islam diperintahkan untuk menangguhkan makan sebelum berangkat sholat Idul Adha dan baru makan daging kurban setelah sholat Ied.

Diriwayatkan oleh Budairah bahwa Nabi SAW tidak berangkat pada hari Idul Fitri sebelum makan terlebih dahulu dan beliau tidak makan pada waktu Idul Adha kecuali setelah pulang (dari sholat Ied).

  1. Mandi Sebelum Berangkat ke Tempat Sholat

Sebelum melakukan sholat Idul Adha, disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu. Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Ibnu Majah,

"Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

Nawaytul wusla li'aydil adh-ha sunnatan lillahi taala

Artinya: "Aku berniat mandi untuk menghadiri sholat Idul Adha sunnah karena Allah taala."

  1. Memakai Pakaian Terbaik dan Wewangian

Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengenakan pakaian terbaik dan memakai wewangian ketika hendak sholat Id. Baik sholat Idul Fitri maupun Idul Adha.

Disebutkan dalam riwayat Jabir bin Abdillah ra,

Sumber: