Pengamanan Ketat Jelang Laga Persib vs Bali United di Semifinal Liga 1, Polisi Turunkan 1500 Personel

Pengamanan Ketat Jelang Laga Persib vs Bali United di Semifinal Liga 1, Polisi Turunkan 1500 Personel

Pengamanan Ketat Jelang Laga Persib vs Bali United di Semifinal Liga 1--(Sumber Gambar Tangkapan Layar @PERSIB)

RADAR JABAR– Persiapan menjelang laga panas antara Persib Bandung dan Bali United pada semifinal Leg Kedua Championship Series Liga 1 Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 18 MEI 2024, semakin intensif. Pertandingan ini tidak hanya krusial dalam menentukan siapa yang akan melaju ke final, tetapi juga menarik perhatian ribuan penggemar sepak bola.

Tiket pertandingan telah terjual habis, sementara bobotoh (sebutan untuk suporter Persib) yang tidak memiliki tiket dihimbau untuk tidak datang ke stadion. Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo, menyatakan bahwa pihak kepolisian telah menurunkan 1500 personel gabungan untuk mengamankan jalannya pertandingan.

"Personel pengamanan yang kita gelar sebanyak 1500 personel, di ring dua dan tiga. Sedangkan ring satu diisi oleh steward," ujar Kusworo saat dihubungi, Jumat (17/5/2024).

 

BACA JUGA:Resmi! Pertandingan Persib vs Persija 2023 Siap Digelar di GBLA

 

Penempatan personel keamanan ini mengikuti aturan ketat yang ditetapkan oleh FIFA, terutama untuk acara dengan ancaman keamanan tinggi. Menurut Kusworo, steward yang diturunkan adalah satu banding lima puluh penonton. Dengan jumlah penonton mencapai 20 ribu, minimal 400 steward akan dikerahkan di area stadion, terutama di tribun bawah untuk melakukan pengamanan.

Kusworo juga menegaskan bahwa petugas kepolisian tidak akan berada di dalam stadion, melainkan di sekitarnya. "Petugas kepolisian hanya di pinggir-pinggir saja, jika diminta steward untuk masuk baru masuk, itu kalau terjadi situasi darurat," jelasnya.

 

BACA JUGA:Ribuan Bobotoh Akan Geruduk Graha Persib, Polda Jabar Ingatkan Soal Ketertiban

 

Selain itu, suporter Bali United tidak diperbolehkan hadir di stadion meskipun memiliki tiket. Keputusan ini telah diumumkan oleh Panpel (Panitia Pelaksana) dan disampaikan kepada suporter Bali United. "Panpel sudah mengumumkan hal itu, dan kami telah berkomunikasi dengan suporter Bali United bahwa mereka tidak boleh hadir," katanya.

Bagi bobotoh yang tidak mendapatkan tiket, Kusworo menyarankan untuk menyaksikan pertandingan melalui acara nonton bareng (nobar) yang disediakan di beberapa lokasi seperti mall Sumarecon dan Graha Persib. "Kami imbau Bobotoh yang tak punya tiket untuk nobar saja. Sedangkan yang punya tiket, kami imbau agar tidak membawa barang-barang terlarang seperti korek api, laser poin, flare, narkoba, miras, dan lainnya," tutup Kusworo.

Sumber: Jabar Ekspres