PDIP Jabar Mulai Jajaki Potensi Koalisi dengan Gerindra untuk Pilkada 2024, Ono Surono Temui Dedi Mulyadi

PDIP Jabar Mulai Jajaki Potensi Koalisi dengan Gerindra untuk Pilkada 2024, Ono Surono Temui Dedi Mulyadi

Ono Surono Temui Dedi Mulyadi--(Sumber Gambar : Istimewa/Jabar Ekspress)

RADAR JABAR - Sejumlah partai politik (Parpol) di Indonesia mulai mengatur strategi dan bermanuver menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Di antaranya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) JABAR, yang mulai menjajaki komunikasi dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) JABAR serta tokoh politik potensial seperti Dedi Mulyadi.

Langkah ini menjadi semakin jelas ketika Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono, melakukan kunjungan ke kediaman Wakil Ketua Umum Dewan Pembina Gerindra, Dedi Mulyadi.

Pertemuan tersebut tidak hanya melibatkan Ono Surono dan Dedi Mulyadi, tetapi juga melibatkan beberapa tokoh kunci dari kedua partai, seperti Ketua DPD Gerindra Jabar, Taufik Hidayat, dan Sekretaris DPD Gerindra Jabar, Abdul Harris Bobihoe.

“Dari dulu kami juga mesra. Dulu temen diskusi saat di Komisi 4 DPR RI,” katanya, Kamis (02/05).

Menurut Ono Surono, kedekatannya dengan Dedi Mulyadi sudah terjalin sejak lama, bahkan dari masa ketika keduanya berada di Komisi 4 DPR RI.

 

BACA JUGA:Buka Peluang Koalisi, PKS Usulkan Empat Nama Calon di Pilgub Jabar

 

Pertemuan ini tidak hanya untuk menjalin hubungan personal, tetapi juga untuk membahas persiapan jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Pasalnya, Dedi Mulyadi juga menjadi salah satu kandidat potensial dari Gerindra untuk posisi Gubernur.

“Beliau (Dedi Mulyadi.red) kan juga digadang sebagai calon Gubernur dari Gerindra. Jadi perlu kami dalami juga kesiapan beliau,” sambungnya.

Selain bertemu dengan Dedi Mulyadi, PDIP Jabar juga telah berkomunikasi dengan pengurus DPD Gerindra Jabar untuk membahas kemungkinan koalisi di tingkat provinsi maupun di 27 kota/kabupaten di Jabar.

 

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Dede Yusuf: Koalisi Perlu Dibangun Sejak Awal

 

Pertemuan tersebut telah menghasilkan kesepakatan untuk menyusun peta politik Pilkada, baik di tingkat provinsi maupun kota/kabupaten, yang akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan selanjutnya.

“Tidak hanya di tingkat provinsi, tapi juga 27 Kota Kabupaten di Jabar,” katanya.

Sementara itu, PDIP Jabar sendiri tengah melakukan penjaringan figur yang akan diusung dalam Pilkada 2024, baik untuk posisi Gubernur/Wakil Gubernur maupun di tingkat Kota/Kabupaten. Beberapa kader internal seperti Ono Surono, Jeje Wiradinata, Ineu Purwadewi Sundari, TB Hasanuddin, dan Rieke Diah Pitaloka telah mencuat dalam bursa calon Gubernur.

“Silahkan ditafsirkan (Sinyal koalisi.red). Yang pasti kami sedang menjalin komunikasi dengan Gerindra,”ucapnya.

Sumber: Jabar Ekspres