Kalah Lawan Uzbekistan, STY Masih Optimis Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade Paris

Kalah Lawan Uzbekistan, STY Masih Optimis Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade Paris

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY)-PSSI-Tangkapan layar via laman resmi PSSI

Radar Jabar - Timnas Indonesia U-23 gagal ke final Piala Asia U-23 2024 Qatar akibat kekalahan dari Uzbekistan U-23 di semifinal, Senin 29 April 2024 malam WIB. Meski demikian, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong (STY) optimis anak-anak asuhnya masih mampu lolos ke Olimpiade Paris 2024.

 

Pertandingan semifinal timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 tadi malam berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Garuda Muda kalah via skor 0-2 dari sang kampiun Piala Asia U-23 2018 oleh gol Khuisain Norchaev serta gol bunuh diri Pratama Arhan.

 

“Pertama-tama, saya apresiasi usaha yang bagus dari para pemain. Saya pikir Uzbekistan telah bermain dengan baik dan memberikan usaha yang bagus juga,” ungkap STY, dikutip dari laman resmi PSSI.

 

BACA JUGA:Erick Thohir Apresisasi Timnas Indonesia Walau Kalah: Uzbekistan Tim yang Tangguh

 

“Uzbekistan tetaplah tim yang kuat jadi selamat untuk tim Uzbekistan. Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade,” tuturnya.

 

Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu melihat kepercayaan diri bak hilang dari penggawa-penggawa Indonesia U-23. Kontras seperti tiga laga sebelumnya, saat menang atas tim-tim kuat seperti Australia, Yordania, dan Korea Selatan dengan permainan super impresif.

 

“Saya pikir sebelum memulai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini mempengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik. Normalnya, kami bisa bermain baik seperti di pertandingan sebelumnya,” ungkap dia.

 

BACA JUGA:Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan, Witan Sulaeman Tatap Laga dengan Optimis

 

Berikutnya, Justin Hubner dan kolega akan memersiapkan diri untuk pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 melawan Irak U-23. Indonesia berhak atas tiket bermain di Olimpiade Paris 2024 jika mampu mengalahkan Irak U-23.

 

Bahkan walau kalah dalam laga perebutan juara ketiga itu, timnas Indonesia U-23 masih berpeluang lolos ke Paris. Syaratnya adalah mengalahkan wakil dari Afrika, Guinea, pada pertandingan play off.

 

“Kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade.” Kata Shin Tae-yong.

Sumber: