Siap-siap! Sejumlah Bantuan Sosial Siap Cair pada Bulan Mei 2024 Mendatang

Siap-siap!  Sejumlah Bantuan Sosial Siap Cair pada Bulan Mei 2024 Mendatang

Siap-siap! Sejumlah Bantuan Sosial Siap Cair pada Bulan Mei 2024 Mendatang-Bantuan Sosial Siap Cair -Freepik

RADAR JABAR - Sebuah kabar gembira menyapa masyarakat penerima bantuan sosial (Bansos) di seluruh Indonesia, dengan penyaluran Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2024 mendatang.

Bansos PKH yang dicanangkan oleh Kementerian Sosial bertujuan untuk memberikan dukungan ekonomi kepada keluarga kurang mampu, sementara BPNT merupakan program bantuan sosial pemerintah yang disalurkan secara non tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

 

Berikut adalah rincian empat jenis bantuan sosial yang akan cair pada bulan Mei 2024:

 

1. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Pencairan BPNT direncanakan akan dilakukan pada bulan Mei 2024 untuk KPM BPNT murni dan KPM PKH plus BPNT. Bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan akan tersedia dan dapat diambil di PT Pos Indonesia terdekat. Khusus untuk pencairan lewat PT Pos Indonesia, KPM akan mendapatkan BPNT selama 3 bulan sekaligus, sehingga total bantuan yang diterima adalah Rp 600 ribu.

 

BACA JUGA:Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, PVMBG Tingkatkan Status Waspada

 

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

KPM PKH plus BPNT juga akan menerima pencairan Bansos PKH pada bulan Mei 2024. Bantuan yang diterima akan disesuaikan dengan komponen yang dimiliki oleh keluarga, berkisar antara Rp 225 ribu hingga Rp 750 ribu. Layanan pencairan bisa diakses di kantor Pos Indonesia terdekat.

3. Program Indonesia Pintar (PIP)

Bansos PIP untuk anak sekolah yang telah terdaftar di Kemendikbud akan dicairkan pada bulan Mei 2024. Namun, masih banyak KPM yang belum melakukan aktivasi rekening. Proses pencairan dapat dilakukan dengan mengunjungi bank penyalur dengan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan.

4. Bansos MRP (Beras 10 Kg)

Bantuan sosial berupa Beras 10 Kg (MRP) juga akan dicairkan pada bulan Mei 2024. Sesuai janji Presiden Jokowi, bantuan ini akan disalurkan hingga bulan Juni 2024. Bantuan tersebut dapat diambil melalui PT Pos Indonesia atau akan dibagikan langsung oleh pegawai desa dan kelurahan setempat.

 

BACA JUGA:Antisipasi Judi Laga Timnas U-23 vs Uzbekistan, Polda Banten Siapkan Patroli Siber

 

Tunggu Kabar Terbaru Mengenai BLT Mitigasi Resiko Pangan

Sumber: