Angka Pengangguran Terus Menurun di Kabupaten Bandung, Disnaker Gelar 8 Kali Job Fair dalam Rangka HUT ke-383

Angka Pengangguran Terus Menurun di Kabupaten Bandung, Disnaker Gelar 8 Kali Job Fair dalam Rangka HUT ke-383

Disnaker Kabupaten Bandung Gelar Mini Job Fair dalam upaya pengurangan angka pengangguran di Depan Halaman Gedung Budaya Sabilulungan (GBS), Soreang, Jumat (14/4/2024). --( Sumber Foto: Agi Jabar Ekspres)

RADAR JABAR - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bandung, Rukmana, mengungkapkan bahwa angka pengangguran di wilayah ini terus mengalami penurunan setiap tahunnya.
 
Dari data yang disampaikan, pada tahun 2021, angka pengangguran mencapai 8,58 persen dan sempat mengalami penurunan menjadi 8,38 persen. Kemudian, pada tahun 2022, angka tersebut kembali turun mencapai 6,52 persen.

Menurut Rukmana, saat ini angka pengangguran telah menurun lagi menjadi 6,32 persen pada bulan Oktober 2023. Hal ini disampaikan oleh Rukmana saat menghadiri kegiatan Job Fair di Halaman Gedung Budaya Sabilulungan (GBS), Soreang, Jumat (19/4/2024).

 

BACA JUGA:Pengangguran di Indonesia Tembus 7,88 Juta Orang di Bulan Agustus 2023

 

“Pak Bupati minta ditekan, di Bulan April sampai Desember ith menurun jadi 8,38 persen, tahun 2022 kemarin turun lagi jadi 6,52 persen. Nah sekarang turun lagi jadi 6,32 persen waktu bulan Oktober 2023,” ujar Rukmana saat menghadiri kegiatan Job Fair di Halaman Gedung Budaya Sabilulungan (GBS), Soreang, Jumat (19/4/2024).

Rukmana menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk menjadikan Kabupaten Bandung sebagai wilayah yang memiliki angka pengangguran yang rendah. 

“Jadi kita terus berupaya mudah-mudahan di Jawa Barat ini kita termasuk yang tingkat pengen rendah atau masuk ke kategori 6 Kota Kabupaten yang penganggurannya rendah,” jelasnya.
 
Upaya tersebut termasuk rutin menggelar kegiatan Job Fair, terutama di momen Lebaran dimana banyak yang resign dari perusahaan tertentu.
 
“Dan momen ini kita manfaatkan orang-orang yang resign dari perusahaan tertentu,” tambahnya.

Pihak Disnaker Kabupaten Bandung juga telah merencanakan untuk menggelar kegiatan Job Fair sebanyak 8 kali pada tahun ini, baik secara offline maupun online.

“Tahun ini kita ada 8 kali menyelenggarakan kegiatan yang sama, baik secara offline dan nanti juga ada kegiatan Job Fair yang secara online,” tambahnya.

Salah satu rangkaian kegiatan Job Fair dilaksanakan dalam rangkaian HUT Kabupaten Bandung ke-383, dengan nama Mini Job Fair di depan Gedung Budaya Sabilulungan (GBS), Soreang.

 

BACA JUGA:Tips Anti Jadi Pengangguran Setelah Lulus Sarjana ala Rektor UNU Yogyakarta

 

Mini Job Fair tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 19 hingga 21 April 2024, dengan melibatkan 30 perusahaan dan menyediakan 2.000 lowongan kerja.

“Jadi ini tiga hari kita lakukan, sehari ada 10 perusahaan. Jadi ada 30 perusahaan dengan 2.000 lowongan kerja,” terangnya. Ini juga merupakan salah satu untuk menurunkan angka pengangguran di wilayah ini. “Ini buat masyarakat Kabupaten Bandung, kalau untuk wilayah lain, nanti yang menurun angka penganggurannya yang nurun wilayah lain, tapi Kabupaten Bandung enggak,” pungkasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menurunkan angka pengangguran di wilayah Kabupaten Bandung (*).

Sumber: jabar ekspress