Jalan Pantura Wilayah Sayung Demak Masih Tergenang Banjir Rob Jelang Lebaran

Jalan Pantura Wilayah Sayung Demak Masih Tergenang Banjir Rob Jelang Lebaran

Jalan Pantura Sayung Demak Masih Tergenang Banjir Rob--(Sumber Gambar: Antara)

RADAR JABAR - Jalur Pantura, terutama di wilayah Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menghadapi kendala menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Senin malam, genangan rob masih menggenangi jalan ini.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Agus Nugroho, kejadian rob bukanlah hal baru di Sayung.

Sejak beberapa hari sebelumnya, fenomena rob sudah tercatat, dengan Sayung sebagai langganan. Langkah pencegahan seperti penyedotan dengan pompa dilakukan untuk menanggulangi tingginya debit air laut.


"Pompanya sudah berjalan terus selama sekitar 10 hari ini. Kalau jalannya (jalur Pantura, Red.) sudah relatif tinggi. Yang paling terdampak justru permukiman," katanya.

 

BACA JUGA:Polri Mempersilahkan Masyarakat Titipkan Kendaraan Bermotor dan Barang Berharga saat Mudik Lebaran

 

Rob tak hanya mengganggu arus kendaraan, tetapi juga meresahkan warga. Sebanyak 10 desa, terutama Desa Tambakroto, Sayung, dan Loireng, terdampak oleh gelombang rob yang menerjang.

Situasi ini semakin pelik karena bertepatan dengan arus mudik Lebaran. Kendaraan pemudik terpaksa berhadapan dengan genangan rob di jalur Pantura Sayung. Meskipun demikian, tingginya rob masih memungkinkan kendaraan roda dua dan empat untuk melintas dengan kewaspadaan ekstra.

Warga setempat, seperti Diaz, menyampaikan bahwa fenomena rob bukanlah hal baru. Namun, kali ini, tingginya rob membuat beberapa kendaraan harus antre dan mengambil lajur terkanan untuk menghindari genangan.


"Dampak (rob, Red.) untuk warga, dalam arti hunian yang terendam tidak ada, tapi dampaknya untuk moda transportasi, terutama untuk arus kendaraan dari timur masuk ke barat, yakni Semarang," kata Kepala BPBD Kota Semarang Endro P Martanto.

Di sepanjang Pantura Jateng, termasuk Jalan Kaligawe Semarang, kendala serupa terjadi. Genangan rob kembali mengganggu lalu lintas, memperlambat mobilitas kendaraan dari timur ke barat, terutama menuju Semarang.

 

BACA JUGA:PT Pertamina (Persero) Meluncurkan Program Mudik Gratis Ke 17 Kota Tujuan, Cek Selengkapnya Disini!

Sumber: antara news