Menko PMK Tinjau Kesiapan Pengamanan Mudik Lebaran 2024 di Tol Cisumdawu Jawa Barat

 Menko PMK Tinjau Kesiapan Pengamanan Mudik Lebaran 2024 di Tol Cisumdawu Jawa Barat

Menko PMK Tinjau Kesiapan Pengamanan Mudik Lebaran 2024 di Tol Cisumdawu Jawa Barat--ANTARA

RADAR JABAR - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, melakukan peninjauan terhadap kesiapan pengaturan dan pengamanan mudik Lebaran 2024 di Jalan Tol Cisumdawu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya, Muhadjir menerima laporan dari Penjabat (Plh) Bupati dan Kapolres Sumedang mengenai kesiapan Kabupaten Sumedang dalam menghadapi arus mudik serta kesiapan untuk melayani pemudik yang akan melintas.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Plh Bupati, Pak Kapolres, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sumedang yang telah menyiapkan tata kelola mudik dan hal hal yang diperlukan dengan baik, seperti kesiapan posko terpadu,“ kata Muhadjir dalam keterangan yang diterima di Bandung, Jumat.

Selama peninjauan, Muhadjir memeriksa kesiapan posko terpadu, rest area, jalur lalu lintas tol, serta fasilitas umum dan sosial untuk pemudik.

"Rest area sudah ada, walau masih sementara dan masih dalam proses. Kemudian, untuk jalurnya juga lancar. Mudah-mudahan dengan jalur tol baru ini akan memperlancar arus mudik, baik dari Jakarta menuju Bandung dan Jawa Tengah," kata dia.

Meskipun beberapa fasilitas masih dalam proses pembangunan, Muhadjir menyatakan bahwa kesiapan secara keseluruhan sudah mencapai di atas 90 persen, mengingat Tol Cisumdawu masih baru beroperasi.

Meskipun rest area masih dalam tahap pembangunan, namun jalur lalu lintas sudah lancar. Diharapkan dengan adanya jalur tol baru ini, arus mudik dari Jakarta menuju Bandung dan Jawa Tengah dapat lebih lancar,.

Muhadjir juga mengingatkan seluruh pemangku kepentingan untuk siaga menghadapi peningkatan jumlah pemudik yang diprediksi akan signifikan dibanding tahun sebelumnya.

"Kita harus waspadai, terutama para pemudik yang berasal dari Jakarta. Kemungkinan terjadi lonjakan dari tahun sebelumnya. Itu harus diantisipasi," katanya.

Mengenai diskon tarif tol di Tol Cisumdawu, Muhadjir menjelaskan bahwa tol tersebut masih baru beroperasi sehingga belum bisa memberlakukan diskon seperti daerah lain.

"Mudah-mudahan tahun depan jalur Cisumdawu ini ada pemotongan tarif seperti yang lain," kata dia.

Sumber: https://branda.antaranews.com/