Ketua DPRD Bogor Ajak Warga untuk Lapor Kondisi Rawan Bencana ke Instansi Terkait

Ketua DPRD Bogor Ajak Warga untuk Lapor Kondisi Rawan Bencana ke Instansi Terkait

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.-M Fikri Setiawan-ANTARA

Radar Jabar – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, memberikan imbauan kepada warga untuk secepatnya lapor ke instansi terkait apabila menemukan kondisi infrastruktur wilayah yang rawan bencana.

 

“Hujan deras disertai angin belakangan waktu ini tak jarang menimbulkan bencana. Maka warga perlu waspada dengan tanda-tanda kemunculan bencana,” kata Rudy di Cibinong, Jumat 29 Maret 2024, dikutip dari Antara.

 

Dia meminta warga tak ragu melapor pada instansi terkait jika bencana mulai muncul. Mereka bisa melapor ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB), Pemadam Kebakaran (Damkar), dan lain-lain.

 

BACA JUGA:Pemkab Purwakarta Upayakan Bantu Pekerja Dengan Buka Posko Pengaduan THR

 

“Nantinya mereka (instansi terkait) akan melakukan asesmen kebencanaan untuk melihat potensi bencana di wilayah tersebut,” ucapnya.

 

Rudy pun meminta warga lebih waspada lagi pada bencana terutama untuk yang tinggal di wilayah rawan seperti bantaran tebing dan sungai.

 

“Selalu waspada karena bencana bisa terjadi kapan saja. Tetap tenang dan evakuasi diri dan orang sekitar begitu bencana mulai muncul,” ungkap dia.

 

Selain itu, Rudy berharap orang tua waspada terhadap anaknya supaya tidak bermain sembarangan. Salah satunya seperti berenang di sungai yang sewaktu-waktu bisa meluap karena hujan.

 

BACA JUGA:Bey Sebut Pemprov Jabar Pastikan Perbaikan Jalan Berlubang Selesai H-10 Lebaran

 

“Untuk orang tua tolong diperhatikan betul anak-anaknya. Jangan sampai mereka bermain di tempat yang berbahaya seperti sungai dengan aliran yang deras,” imbuhnya.

 

Selain daripada itu, dirinya mengapresiasi petugas SAR yang dengan sigap bertindak saat bencana tiba. Harapannya, mereka senantiasa berusaha maksimal memberi pelayanan terhadap masyarakat.

 

“Petugas SAR gabungan harus tetap semangat dan konsisten. Terima kasih karena telah memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.” Ujar Rudy, memungkasi.

Sumber: