10 Kebiasaan Paling Baik Setelah Sahur yang Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan

10 Kebiasaan Paling Baik Setelah Sahur yang Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan

Ilustrasi Al Qur'an Kebiasaan Paling Baik Setelah Sahur yang Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan--istimewa

Radar Jabar - Sahur adalah momen penting bagi umat Muslim selama bulan Ramadan. Selain untuk menyiapkan diri menghadapi puasa sepanjang hari, Sahur juga merupakan waktu yang ideal untuk membentuk kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan sepanjang hari. Berikut adalah 10 kebiasaan paling baik yang dapat dilakukan setelah Sahur:

  1. Shalat Tahajjud atau Dhuha:

  2. Setelah selesai sahur, mengisi waktu dengan melakukan shalat tahajjud atau dhuha merupakan kebiasaan yang sangat baik. Shalat ini tidak hanya memperkuat hubungan spiritual dengan Allah, tetapi juga memberikan ketenangan pikiran dan energi positif untuk memulai hari.

  3. Membaca Al-Qur'an:

  4. Membaca Al-Qur'an setelah sahur merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Selain mendapatkan pahala, membaca Al-Qur'an juga memberikan ketenangan batin dan kejernihan pikiran untuk menghadapi aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Restoran 24 Jam di Bandung yang Cocok Jadi Tempat Buka Puasa dan Sahur

  1. Berolahraga Ringan:

  2. Setelah mengonsumsi sahur, melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau senam dapat membantu meningkatkan energi dan membangkitkan semangat. Olahraga pagi juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lebih siap menghadapi hari yang sibuk.

  3. Minum Air Putih:

  4. Pentingnya menjaga kecukupan cairan setelah sahur tidak dapat dipandang remeh. Minum air putih dalam jumlah yang cukup membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan fungsi organ tubuh.

  5. Merencanakan Aktivitas Hari Ini:

  6. Setelah sahur, luangkan waktu sejenak untuk merencanakan aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari. Menetapkan prioritas dan membuat jadwal dapat membantu mengoptimalkan waktu dan menghindari pemborosan waktu pada hal-hal yang kurang penting.

  7. Berdoa dan Berdzikir:

  8. Momen setelah sahur adalah waktu yang tepat untuk berdoa dan berdzikir. Mengingat dan memohon perlindungan serta petunjuk dari Allah akan memberikan kekuatan dan keyakinan dalam menghadapi tantangan yang ada.

  9. Sumber: