7 Penyebab Mata Kering, Nomor 4 Paling Sering!

7 Penyebab Mata Kering, Nomor 4 Paling Sering!

Ilustrasi mata kering--Freepik/user18526052

RADAR JABAR - Mata kering adalah kondisi yang umum terjadi di mana Mata kekurangan kelembapan. Penyebab Mata kering beragman, namun seringkali cukup mengganggu.

Meskipun gejalanya bisa bervariasi dari orang ke orang, mulai dari iritasi hingga ketidaknyamanan yang parah, penyebabnya seringkali terkait dengan sejumlah faktor yang berbeda. Terkadang mata yang terlalu keirng dapat menyebabkan mata menjadi merah dan mengalai iritasi.

Dalam artikel ini akan mengungkap penyebab mata kering yang membuat mata tidak nyaman.

1. Kelenjar Air Mata yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Air mata adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan mata yang membantu membersihkan mata dari debu dan benda asing lainnya. Selain itu, air mata juga dapat mempertahankan kelembapan yang diperlukan untuk kenyamanan.

Namun, jika kelenjar air mata tidak berfungsi dengan baik, produksi air mata dapat menurun, menyebabkan mata menjadi kering dan iritasi. Maka dari itu, harap periksakan ke dokter bila produksi air mata menurun.

BACA JUGA:10 Cara Menghilangkan Sembab di Mata Setelah Menangis

2. Faktor Usia

Seperti halnya banyak kondisi kesehatan lainnya, penuaan juga dapat memainkan peran dalam perkembangan mata kering. Seiring bertambahnya usia, produksi air mata cenderung menurun, meninggalkan mata lebih rentan terhadap dehidrasi dan ketidaknyamanan.

3. Paparan Lingkungan yang Ekstrim

Paparan lingkungan yang ekstrim, seperti angin kencang, udara kering, atau paparan sinar matahari yang berlebihan, dapat menguras kelembapan dari mata Anda. Ini bisa terjadi terutama di musim panas atau di lingkungan yang berpolusi.

Selain dari luar, mata kering juga terkadang disebabkan oleh udara kering di dalam ruangan seperti ruangan ber AC.

BACA JUGA:7 Manfaat Mengonsumsi Jus Mangga untuk Kesehatan, Dapat Menyehatkan Mata dan Jantung

4. Penggunaan Gawai Elektronik yang Berlebihan

Dalam era digital saat ini, banyak dari kita menghabiskan waktu yang cukup lama menatap layar komputer, ponsel cerdas, atau tablet. Aktivitas ini dapat mengurangi frekuensi berkedip, yang pada gilirannya dapat mengurangi produksi air mata dan menyebabkan mata menjadi kering.

Solusinya setiap menggunakan gawai, istirahatkan mata Anda selama 10 atau 15 menit, serta kedipkan mata selama 1 menit.

5. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan, seperti antihistamin, obat tidur, dan obat-obatan tekanan darah, dapat memiliki efek samping yang menyebabkan mata menjadi kering. Jika Anda memperhatikan mata Anda lebih kering setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan lainnya.

6. Penggunaan Lensa Kontak

Meskipun lensa kontak merupakan alat bantu penglihatan yang populer, penggunaan mereka juga bisa menjadi penyebab mata kering. Lensa kontak dapat mengurangi kelembapan alami di mata dan mengganggu distribusi air mata, terutama jika dipakai terlalu lama.

Sumber: berbagai sumber