9 Tips dan Trik Menjaga Pola Tidur Selama Bulan Ramadhan

9 Tips dan Trik Menjaga Pola Tidur Selama Bulan Ramadhan

Ilustrasi menjaga pola tidur saat bulan Ramadhan--Freepik/benzoix

Pola makan yang seimbang juga berpengaruh pada pola tidur Anda selama bulan Ramadhan, khususnya pada saat berbuka. Ketika berbuka puasa, hindari makanan berat dan berlemak yang dapat membuat Anda merasa kenyang berlebihan dan sulit tidur.

Pilihlah makanan ringan dan seimbang untuk berbuka, yang dapat menjaga energi Anda sepanjang malam.

8. Mengurangi Penggunaan Perangkat Elektronik

Penggunaan perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, atau laptop sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar perangkat elektronik dapat mengganggu produksi hormon tidur dalam tubuh Anda.

Jauhkan semua perangkat elektronik dari tempat tidur Anda dan cobalah untuk tidur dalam keadaan yang bersih dan tenang.

9. Mengurangi Konsumsi Makanan Tinggi Minyak

Hindari makanan yang tinggi lemak dan minyak, terutama saat berbuka puasa. Makanan yang berlemak berat untuk dicerna dan dapat menyebabkan gangguan tidur. Pilihlah makanan ringan dan sehat untuk berbuka puasa, seperti buah-buahan segar atau sayuran.

Tips dan trik menjaga pola tidur selama bulan Ramadhan tersebut tentunya dapat Anda lakukan. Anda dapat menjaga kualitas tidur selama bulan Ramadhan dan mengurangi efek negatif dari kurang tidur yang bisa merugikan.

Ingatlah bahwa setiap individu memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi penting untuk mencari tahu apa yang paling cocok untuk Anda dan tubuh Anda. Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga Anda mendapatkan tidur yang berkualitas selama bulan Ramadhan.*

Sumber: