Awal Puasa Hari Apa? Ini Jadwal Sidang Isbat Awal Puasa 1 Ramadan 2024

Awal Puasa Hari Apa? Ini Jadwal Sidang Isbat Awal Puasa 1 Ramadan 2024

Ilustrasi bulan Ramadan-Rabbector-Tangkapan Layar via Pixabay

Jadwal Sidang Isbat Awal Puasa 1 Ramadan 2024

 

Sidang isbat 2024 dijadwalkan berlangsung di Auditorium H M Rasjidi Kementerian Agama, Jl M H Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu 10 Maret 2024. Sidang ini akan menentukan apakah puasa Ramadan ini akan dimulai tanggal 11 Maret atau 12 Maret.

 

Tim Hisab dan Rukyat Kemenag nantinya akan dilibatkan dalam pelaksanaan sidang isbat. Para duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam di Indonesia, perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta perwakilan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, akan menghadiri sidang itu.

 

Sesi 1: Pemaparan Posisi Hilal

 

Melansir dari detiksulsel, proses sidang isbat tersebut akan meliputi tiga tahap. Pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab menggunakan perhitungan astornomi.

 

Sesi pertama sidang isbat bakal dilaksanakan dengan pemaparan posisi hilal (bulan) awal Ramadan 2024 berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

 

BACA JUGA:Penentuan Awal Puasa Ramadhan 2024 Menurut Kementrian Agama

 

Tim Hisab dan Rukyat Kemenag yang akan melakukan pemaparannya. Pemaparan ini dijadwalkan berlangsung mulai pukul 17.00 WIB.

Sumber: