Awal Puasa Hari Apa? Ini Jadwal Sidang Isbat Awal Puasa 1 Ramadan 2024

Awal Puasa Hari Apa? Ini Jadwal Sidang Isbat Awal Puasa 1 Ramadan 2024

Ilustrasi bulan Ramadan-Rabbector-Tangkapan Layar via Pixabay

Radar Jabar - Awal puasa hari apa? Sebuah pertanyaan yang tentu ada di benak setiap umat muslim ketika menantikan kepastian jatuhnya 1 Ramadan 1445 H/2024 M.

 

Tahun 2024 kini telah masuk ke bulan ketiga atau Maret di mana bulan suci Ramadan akan tiba. Hal tersebut tentu membuat pertanyaan seperti 'awal puasa hari apa?' Dinantikan jawabannya.

 

Mengacu pada Kalender Hijriah rilisan Kementerian Agama (Kemenag) RI, 1 Ramadan 1445 H/2024 M diperkirakan jatuh pada Selasa 12 Maret 2024.

 

Namun tanggal itu belum final atau resmi. Kemenag RI harus terlebih dahulu menggelar sidang isbat guna menentukan awal puasa Ramadan berdasarkan hilal.

 

Isbat, sebagaimana dalam situs KBBI, berarti penetapan atau penentuan. Alhasil sidang isbat merupakan sidang yang digelar demi menentukan atau menetapkan awal bulan di kalender Hijriah.

 

BACA JUGA:Kapan Awal Puasa Ramadhan 2024 Dimulai? Simak Jawabannya Disini!

 

"Sidang isbat dibutuhkan sebagai forum bersama mengambil keputusan. Ini diperlukan sebagai bentuk kehadiran negara dalam memberikan acuan bagi umat Islam untuk mengawali puasa Ramadan dan berlebaran," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Ditjen Bimas Islam, Adib, di Jakarta, Jumat, dikutip dari kemenag.go.id.

 

Sumber: