Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung Dilanjutkan Setelah Mangkrak 17 Tahun

Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung Dilanjutkan Setelah Mangkrak 17 Tahun

Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung Dilanjutkan Setelah Mangkrak 17 Tahun--Antara news

RADAR JABAR- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa pembangunan Tol Dalam Kota Bandung (Bandung Intra Urban Tol Road/BIUTR) akan dilanjutkan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kota Bandung.

“Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road,” ujar Basuki di Bandung yang dikutip dari Antara Kamis (29/02/2024).

Dalam rapat tersebut, menteri PUPR ini menjelaskan bahwa pihaknya akan memulai proses untuk membantu percepatan pembangunan tol yang sudah mangkrak hampir 17 tahun.

“Jadi kita lelangkan segera, kita meneruskan untuk mengatasi kemacetan di Bandung,” jelasnya.

Selain proyek tol dalam kota Bandung, Basuki mengatakan pemerintah pusat akan membantu percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur di Jawa Barat.

Setidaknya ada empat kesepakatan lainnya antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang pertama soal peningkatan jalan tambang di Parung Panjang Bogor.

Namun komitmen kelanjutan proyek ini menurutnya harus disertai dengan upaya pihak Pemprov Jabar melanjutkan jalan khusus tambang dan kini pihaknya menunggu skema yang tengah disusun oleh Pihak Pemprov Jabar terkait pembangunan jalan khusus tersebut.

“Kami akan laksanakan peningkatan jalan provinsi. Tapi harus ada upaya Pemprov Jabar juga. nanti kami bantu,” ucapnya.

Kedua adalah terkait dengan jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas), di mana PUPR menargetkan pemenang lelang akan diketahui pada Juli 2024 agar proses pembangunan jalan tol tersebut bisa dilaksanakan.

Basuki Hadimuljono juga mengatakan bahwa pihaknya mendapat laporan dimana saat ini akan dilakukan adendum kualifikasi dan penambahan desain jalan tol terpanjang tersebut.

Sumber: