Anime The Boy and The Heron Menangkan 1 Penghargaan BAFTA 2024

Anime The Boy and The Heron Menangkan 1 Penghargaan BAFTA 2024

Cuplikan trailer anime The Boy and The Heron Official English Trailer-GKIDS Films-Tangkapan layar kanal YouTube GKIDS Films

Radar Jabar – Anime garapan studio produksi Ghibli ‘The Boy and The Heron’ meraih satu penghargaan kategori Film Animasi dari British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) 2024 di London, Inggris.

 

Ini menjadi penghargaan dari BAFTA perdana untuk anime atau film animasi Jepang, demikian menurut laporan Kyodo hari Senin 19 Februari 2024 dikutip dari Antara.

 

The Boy and The Heron pun menambah kontribusi untuk Negeri Matahari Terbit, selepas lebih dahulu meraih penghargaan Golden Globe dari Amerika Serikat (AS) pada Januari 2024.

 

BACA JUGA:5 Anime Romantis yang Cocok Ditonton saat Hari Valentine

 

Selain itu, film animasi besutan animator pemenang Oscar berusia 83 tahun Hayao Miyazaki tersebut masuk salah satu nominasi Film Animasi Terbaik dalam Academy Awards 2024. Ajang ini akan berlangsung di AS pada Maret mendatang.

 

Cerita The Boy and The Heron berpusat pada anak laki-laki Jepang Mahito yang pindah ke kota baru pasca ibunya meninggal dunia. Ia kemudian berjumpa seekor cangak abu yang bisa bicara, sehingga terbawa untuk menjelajahi fantasi.

 

Miyazaki sejatinya sudah mengumumkan vakum di tahun 2013 pasca produksi ‘The Wind Rises’, namun tetap meneruskan karya terbaru pada 2017.

 

BACA JUGA:7 Film Anime Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi

 

Sebelumnya, film Jepang sempat memenangkan penghargaan dari BAFTA untuk kategori film terbaik non-bahasa Inggris (Film Not in the English Language). Pemenangnya adalah film ‘Drive My Car’ karya sutradara Ryusuke Hamaguchi pada 2022 lalu.

 

Ada juga ‘Ran’ karya sutradara Akira Kurosawa yang mendapatkan penghargaan BAFTA pada 1986 untuk Film terbaik non-bahasa Inggris, atau disebut Film Berbahasa Asing Terbaik (Best Foreign Language Film).

 

Selanjutnya ada sutradara Akira Kurosawa merengkuh penghargaan dari BAFTA pada 1980 sebagai penyutradaraan terbaik untuk film ‘Kagemusha’.

Sumber: