4 Manfaat Saffron Bagi Kulit dan Rambut, Bisa Atasi Jerawat

4 Manfaat Saffron Bagi Kulit dan Rambut, Bisa Atasi Jerawat

Manfaat Saffron Bagi Kulit dan Rambut--Istimewa

RADAR JABAR - Selain menjadi bumbu mewah di dunia kuliner, saffron, atau dikenal sebagai "emas merah," juga telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan. Kaya akan senyawa-senyawa bioaktif, saffron memberikan sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kulit dan rambut.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 4 manfaat saffron yang dapat membawa keajaiban bagi perawatan kecantikan:

 

1. Mencerahkan Kulit dan Mengatasi Hiperpigmentasi

Saffron telah dikenal sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit dan mengatasi masalah hiperpigmentasi. Senyawa crocin dalam saffron memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu mengurangi noda dan bintik-bintik gelap pada kulit.

Menerapkan masker saffron secara teratur dapat membantu memberikan kilau alami pada kulit, meratakan warna kulit, dan mengurangi tampilan bekas luka atau bintik-bintik.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mencampurkan beberapa helai benang saffron dengan sedikit susu atau madu dan mengaplikasikannya sebagai masker wajah.

Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Penggunaan teratur dapat membantu mencapai kulit yang lebih cerah dan merata.

 

BACA JUGA:7 Manfaat Saffron yang Luar Biasa bagi Kesehatan

 

2. Anti-Penuaan dan Anti-Kerutan

Senyawa-senyawa antioksidan dalam saffron, seperti crocin dan safranal, menjadikannya pilihan yang hebat untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan elastin, protein-protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Penggunaan saffron dalam perawatan kulit dapat membantu mengurangi kerutan dan garis-garis halus. Anda dapat mencampurkan saffron dengan minyak kelapa atau yogurt untuk membuat masker anti-penuaan.

Terapkan campuran ini secara teratur untuk membantu menjaga kekenyalan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

 

3. Mengatasi Jerawat dan Merawat Kulit Berminyak

Saffron memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan jerawat.

Senyawa safranal dalam saffron telah menunjukkan potensi dalam mengurangi peradangan pada kulit, sedangkan sifat antimikroba dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk perawatan jerawat, Anda dapat mencampurkan saffron dengan madu atau aloe vera dan mengaplikasikannya pada area yang terkena. Biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya.

Penggunaan rutin dapat membantu mengurangi kemerahan, meredakan jerawat, dan meningkatkan kondisi kulit berminyak.

 

BACA JUGA:5 Minuman yang Dapat Meredakan Batuk Pilek

 

4. Merangsang Pertumbuhan Rambut dan Mengatasi Masalah Kehilangan Rambut

Sumber: