10 Tanaman Hias Pengusir Serangga yang Cantik dan Menawan!

10 Tanaman Hias Pengusir Serangga yang Cantik dan Menawan!

Tanaman Hias Pengusir Serangga--(Sumber Gambar : Pixabay)

Radar Jabar - Berbagai jenis tanaman hias tidak hanya mempercantik taman atau ruangan dalam rumah Anda, tetapi juga dapat berperan sebagai pengusir alami untuk serangga, terutama nyamuk.

Menanam tanaman hias pengusir serangga di sekitar rumah dapat menjadi alternatif yang ramah lingkungan dan lebih aman daripada menggunakan bahan kimia yang dapat berbahaya.

Tanaman Hias Pengusir Serangga yang Dapat Anda Tanam di Rumah:

1.Lemon Balm (Melissa officinalis)

Tanaman hias ini tidak hanya memiliki nektar bunga yang indah, tetapi juga disukai oleh kupu-kupu. Lemon balm memiliki daun yang mengandung senyawa kimia yang sepuluh kali lebih efektif dalam mengusir nyamuk daripada DEET, bahan kimia yang umumnya digunakan pada pengusir serangga komersial.

2. Catnip (Nepeta cataria)

Catnip mudah ditemukan dan dapat tumbuh subur di berbagai lokasi. Tanaman ini mengandung nepetalakton, senyawa kimia alami yang menyebabkan reaksi positif pada kucing, tetapi menjadi pengusir nyamuk yang efektif.

Studi menunjukkan bahwa catnip lebih efektif daripada beberapa produk pengusir serangga komersial.

3. Kemangi (Ocimum basilicum)

Kemangi atau basil adalah tanaman hias pengusir nyamuk alami. Minyak esensial dari kemangi terbukti beracun bagi larva nyamuk, menjadikannya pilihan yang baik untuk mencegah populasi nyamuk di sekitar rumah. Tanaman ini menyukai kondisi lembab dan sinar matahari.

 

BACA JUGA:6 Tanaman Hias dengan Harga Fantastis dan Kecantikan yang Bernilai Tinggi Nan Menawan !

 

4. Lavender (Lavandula)

Lavender populer karena bunga berwarna ungu yang cantik dan memiliki kemampuan mengusir serangga seperti ngengat.

Sumber: