40 Kota yang Akan Setara dengan Jakarta Jika Anies Baswedan Menang Pilpres 2024

40 Kota yang Akan Setara dengan Jakarta Jika Anies Baswedan Menang Pilpres 2024

40 Kota yang Akan Setara dengan Jakarta Jika Anies Baswedan Terpilih jadi Presiden-X/Aniesbaswedan-

RADAR JABAR – Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan, berjanji untuk meningkatkan pembangunan 40 kota di Indonesia agar setara dengan Jakarta, jika terpilih menjadi Presiden.

Hal itu merujuk pada pernyataan bahwa capres Anies-Muhaimin yang menolak fokus pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan memilih meningkatkan pembangunan di 40 kota.

Pernyataan ini muncul sebagai tanggapan terhadap perdebatan mengenai asal-usul dana yang akan digunakan untuk membangun puluhan kota sebanding dengan Jakarta di seluruh Indonesia.

"Kita (ingin) mengembangkan lebih dari 40 kota, di-upgrade ya, ini bukan bikin kota baru," kata Anies dalam Debat Capres di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, dikutip Jumat 12 Januari 2024.

Anies mengakui bahwa mencapai tingkat pembangunan 40 kota agar setara dengan Jakarta bukanlah tugas yang sederhana. Ia menyadari bahwa diperlukan waktu yang cukup lama untuk meningkatkan tingkat pembangunan kota-kota yang sudah ada di Indonesia saat ini.

"Kalau bikin kota baru (selevel Jakarta) agak lama."ujar Anies.

BACA JUGA:Mengenal PT TMI yang Sempat Dibahas Anies dalam Debat Capres, Diduga Terlibat Pengadaan Alutista Negara

Anies berpendapat bahwa untuk mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia, perlu dilakukan pengembangan kota-kota baru yang mirip dengan Jakarta.

Ia menekankan bahwa dari 40 kota yang akan dikembangkan, fokus utamanya adalah pada sektor industrialisasi, dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional.

Berikut 40 kota di Indonesia yang akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang ditampilkan dalam slide presentasi Anies

1. Banda Aceh

2. Medan Metropolitan

3. Padang

4. Batam

Sumber: