5 Peradaban Tertua di Dunia, Lebih Tua dari Mesir Kuno

5 Peradaban Tertua di Dunia, Lebih Tua dari Mesir Kuno

Peradaban Tertua di Dunia-Ilustrasi/RJ-

RADAR JABAR - Ketika berbicara tentang peradaban kuno tertua di dunia, kebanyakan orang cenderung memikirkan peradaban Yunani dan Romawi.

Tentu saja, dapat dimengerti bahwa keduanya telah memberikan kontribusi besar dalam membentuk masyarakat modern, baik dalam pengaruh sosial budaya maupun politik yang berlangsung lama.

Beberapa peradaban ini bahkan pernah membentuk sebuah koloni modern dengan tradisi masyarakat yang perlahan hilang seiring waktu.

Namun, sebenarnya terdapat puluhan peradaban lain yang telah eksis jauh sebelum bangsa Yunani dan Romawi mencapai puncaknya, dari peradaban Jiahu yang kurang dikenal hingga Mesir kuno yang terkenal.

5 Peradaban Tertua di Dunia

Berikut adalah beberapa peradaban tertua dalam sejarah dunia yang bahkan telah ada sejak puluhan ribu tahun sebelum masehi.

1. Masyarakat Adat Australia (Sekitar 50.000 SM)

Masyarakat adat Australia merupakan penduduk asli daratan Australia dan kepulauannya sebelum kedatangan penjajah Eropa. Secara umum, diyakini bahwa mereka berasal dari Asia Tenggara pada masa permukaan laut rendah dan jembatan darat lebih luas.

BACA JUGA:Menguak Lokasi dan Asal-Usul Kota Saranjana Melalui Sejarah Peradaban Nusantara

Penelitian menunjukkan bahwa mereka merupakan peradaban tertua di dunia, telah eksis sejak sekitar 50.000 tahun yang lalu. Meskipun sebagai masyarakat pemburu-pengumpul yang nomaden, mereka memiliki ikatan yang kuat dengan wilayah tertentu.

Kedatangan orang Eropa membawa malapetaka, dengan masyarakat adat Australia mengalami penganiayaan besar-besaran dan kehilangan sebagian besar budaya dan tradisi mereka.

2. Jiahu (Sekitar 7000 SM – 5700 SM)

Pemukiman Jiahu terletak di dataran tengah Tiongkok Kuno, kini dikenal sebagai provinsi Hainan. Penduduk pemukiman ini termasuk peradaban tertua yang diakui di Tiongkok. Daerah ini kaya akan artefak, menjadikannya sumber kekaguman bagi para arkeolog.

Selain penemuan tembikar dan peralatan kuno, ditemukan pula contoh-contoh tulisan Tiongkok paling awal dan bukti bahwa mereka adalah produsen anggur tertua di dunia. Salah satu penemuan luar biasa adalah Seruling Tulang, dianggap sebagai alat musik tertua yang masih berfungsi, biasanya diukir dari tulang sayap burung bangau.

BACA JUGA:Situs Gunung Padang: Sejarah Dibalik Peradaban Manusia Terbesar di Dunia yang Masih Menjadi Misteri!

Pemukiman ini berakhir sekitar tahun 5700 SM akibat banjir sungai di sekitarnya. Meskipun belum jelas di mana mereka pindah setelah itu, diyakini bahwa masyarakat Jiahu meninggalkan rumah mereka untuk menetap di tempat lain.

3. Mesopotamia (Sekitar 3500 SM – 500 SM)

Mesopotamia dianggap sebagai peradaban tertua di dunia, terletak di antara sungai Tigris dan Eufrat, yang artinya "antara sungai". Wilayah ini saat ini mencakup Irak, Kuwait, Turki, dan Suriah.

Sumber: