Pendaftaran CPNS PPPK 2024 Segera Dibuka, Jokowi Beri Pesan Ini untuk Lulusan Baru!

Pendaftaran CPNS PPPK 2024 Segera Dibuka, Jokowi Beri Pesan Ini untuk Lulusan Baru!

Pendaftaran CPNS PPPK 2024 Segera Dibuka-RJ-

RADAR JABAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan rencana segera dibukanya pendaftaran untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024.

Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa total kuota yang tersedia mencapai 690 ribu, khususnya ditujukan bagi lulusan baru atau fresh graduate. Kuota sebanyak 690 ribu ini merupakan sebagian dari total 1,3 juta formasi yang disediakan untuk tahun 2024.

“Pemerintah memberikan kesempatan bagi lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang, yang tersebar di instansi pusat 207 ribu dan instansi daerah 483 ribu," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat, 5 Januari 2024.

Karena para lulusan baru SMA, SMK, dan Sarjana sangat dibutuhkan pemerintah untuk menghadapi disrupsi yang sangat pesat saat ini.

BACA JUGA:10 Tips Lulus Tes CPNS 2023 Secara Alami Tanpa Dukun

"Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital efisiensi birokrasi dan mendorong peningkatan kinerja serta akuntabilitas pemerintah," lanjutnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, fokus utama akan diberikan kepada tenaga guru dan kesehatan.

Selain itu, CPNS 2024 juga akan memberikan peluang lebih besar kepada para fresh graduate untuk berpartisipasi. Pemerintah juga berencana membuka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2024 guna memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di berbagai instansi pemerintah.

"Pemenuhan ASN Tahun 2024 diprioritaskan pada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan," kata Anas dilansir dari situs resmi PANRB, Sabtu 6 Januari 2024.

BACA JUGA:Ada Sanksi Bagi yang Mundur Setelah Lolos Seleksi CPNS

Berikutnya, pemerintah akan memprioritaskan penyelesaian masalah tenaga kerja non-Aparatur Sipil Negara (ASN) di lembaga pemerintah sesuai ketentuan Undang-Undang No. 20/2023 tentang ASN. Pada tahun ini, ada upaya untuk memberikan kesempatan yang lebih besar kepada para lulusan baru atau fresh graduate.

"Pemerintah membuka kesempatan lebih luas untuk talenta digital," sambungnya.

Meskipun begitu, pengumuman resmi terkait pembukaan CPNS dan PPPK 2024 belum disampaikan. Sebelum mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran CPNS 2024, disarankan kepada para calon pendaftar untuk menyiapkan akun di portal Sistem Seleksi CPNS (SSCAN).

Akun tersebut diperlukan untuk melaksanakan proses pendaftaran CPNS, sesuai dengan praktik tahun-tahun sebelumnya.

Sumber: