Ini yang Mengakibatkan Gempa! Berikut Daftar Beberapa Sesar Aktif di Jawa Barat

Ini yang Mengakibatkan Gempa! Berikut Daftar Beberapa Sesar Aktif di Jawa Barat

Daftar Beberapa Sesar Aktif di Jawa Barat- Sesar Aktif di Jawa Barat-Instagram

Salah satu bukti adanya jalur sesar di lokasi ini adalah berkembangnya struktur kekar pada batuan beku andesitik dengan intensitas yang tinggi.

Sesar Lembang pernah menyebabkan gempa bumi pada 28 Agustus 2011 dan gempa terbaru tercatat pada 13 Desember 2021 dengan kekuatan M 2.5.

 

2. Sesar Cimandiri:

Sesar Cimandiri merupakan sesar tertua yang membentang mulai dari Teluk Pelabuhan Ratu hingga Subang.

Jalur sesar ini berarah timur laut-barat daya dengan jenis sesar mendatar hingga oblique. Sesar ini aktif dan telah menyebabkan gempa signifikan seperti pada tahun 1910 di Padalarang, 1982 di Cianjur dan Rajamandala, dan gempa terakhir pada 21 November dengan magnitudo M 5,4.

 

BACA JUGA:BMKG Jelaskan Penyebab Gempa di Selatan Jawa Barat, Berpotensi Tsunami?

 

3. Sesar Baribis:

Sesar Baribis merupakan sesar utama di utara Jawa Barat. Di daerah Kadipaten, terdapat kelurusan regional yang arahnya barat laut tenggara.

Jalur sesar ini berarah timur laut-barat daya dan telah menyebabkan gempa bumi yang kuat pada tahun 1862 di Karawang.

 

4. Sesar Cileunyi-Tanjungsari:

Sesar Cileunyi-Tanjungsari merupakan sesar aktif di Cekungan Bandung selain Sesar Lembang. Sesar ini memiliki kemiringan ke arah barat laut dan pernah menyebabkan gempa bumi pada 19 Desember 1972 dengan kekuatan 4,9 SR.

Sebaran sesar ini meliputi selatan Desa Tanjungsari hingga lembah Sungai Cipeles dengan laju geser berkisar antara 0,19-0,48 milimeter per tahun.

Meskipun demikian, Cekungan Bandung pada dasarnya memiliki lima sesar aktif, termasuk Cileunyi-Tanjungsari dan Lembang.

Informasi ini penting untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan penanganan bencana di wilayah Jawa Barat. Tetaplah selalu waspada dan siap menghadapi potensi risiko gempa bumi.

Sumber: