Serba-serbi Burung Hantu Salju, Salah Satu Predator Penguasa di Wilayah Arktik

Serba-serbi Burung Hantu Salju, Salah Satu Predator Penguasa di Wilayah Arktik

Serba-serbi Burung Hantu Salju, Predator Penguasa di Wilayah Arktik-Burung Hantu Salju atau Snowy Owl Betina-Pixabay

Radar Jabar – Kalian yang pernah menonton atau penggemar film Harry Potter tentu tidak asing dengan hewan ikonik burung hantu berwarna putih dalam serial tersebut. Hewan itu adalah burung hantu salju, atau snowy owl, spesies burung hantu yang tinggal di wilayah Arktik.

 

Snowy owl merupakan salah satu predator penguasa di wilayah Arktik berkat kemampuan mereka soal beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Burung nokturnal ini memangasa beragam hewan kecil macam burung kecil, kelinci, hingga tupai.

 

Dengan karakteristik uniknya, burung hantu salju merupakan objek kajian menarik dalam dunia biologi. Jika kamu ingin lebih mengenal hewan ini, berikut beberapa fakta menarik burung hantu salju sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Berasal dari Wilayah Arktik

Burung hantu salju berasal dari wilayah Arktik dan sering terlihat mengembara ke selatan Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Selama musim dingin, mereka akan meninggalkan kutub utara yang gelap dan bermigrasi ke selatan.

 

BACA JUGA:Keunikan dan Fakta Menarik Lemur Indri dari Madagaskar

 

2. Punya Bulu di Kaki untuk Melindungi dari Suhu Dingin

Burung hantu dengan nama latin Bubo scandiacus ini dikenal dengan bulu putih tebal dan bulu hitam di ujung sayapnya. Mereka juga memiliki bulu di kaki untuk melindungi mereka dari suhu dingin.

 

3. Warna Bulu Bisa Berubah Warna

Menariknya, bulu burung hantu salju berubah warna tergantung pada musim. Mereka memiliki bulu abu-abu gelap di musim panas untuk menyembunyikan diri di atas bebatuan dan tanah yang tidak tertutup salju, sementara bulu putih mereka membantu mereka bersembunyi di salju selama musim dingin.

 

4. Keahlian Berburu yang Jitu

Burung hantu salju memiliki pendengaran yang sangat baik dan mampu mendengar suara mangsanya di bawah lapisan salju yang tebal. Mereka juga mampu terbang dengan sangat pelan saat mendekati mangsa mereka.

BACA JUGA:Kehebatan dan Fakta Unik Kambing Gunung: Penguasa Dataran Tinggi yang Menakjubkan

Burung hantu salju memiliki kecepatan terbang hingga 80 kilometer per jam dan dapat merentangkan lebar sayap mereka hingga 1,5 meter.

 

5. Pemburu yang Sabar dan Ganas

Burung hantu salju adalah pemburu yang sabar dan ganas, dan tidak hanya aktif pada malam hari, melainkan juga berburu di siang hari.

 

6. Pendengaran dan Penglihatan Tajam

Burung hantu salju memiliki pendengaran yang sangat baik, yang memungkinkan mereka untuk mendeteksi mangsa yang berada di balik tumpukan salju.

Kemudian penglihatan mereka sangat tajam. Burung hantu satu ini bisa melihat dalam kondisi cahaya yang rendah, bahkan saat salju sedang turun.

BACA JUGA:Fakta Unik Serigala: Keajaiban Tentang Hewan Setia Ini

Selain itu, mereka memiliki tapetum lucidum di bawah retinanya untuk memantulkan cahaya yang masuk dan diserap untuk meningkatkan penglihatannya. Burung hantu salju bisa melihat dalam berbagai kondisi, termasuk dalam kondisi cahaya rendah dan saat salju turun.

 

7. Salah satu jenis burung hantu terbesar di Amerika Utara

 Snowy Owl merupakan salah satu jenis burung hantu terbesar di Amerika Utara, dengan berat sekitar 2 kg dan memiliki lebar sayap yang mengesankan, sekitar 121-152 sentimeter.

 

8. Konservasi

Burung hantu salju dianggap sebagai spesies yang rentan. Mereka terancam oleh perubahan iklim dan gangguan manusia terhadap habitat mereka. Berbagai upaya perlindungan dilakukan untuk mempertahankan populasi mereka.

 

Dengan menggabungkan fakta-fakta ini, pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai burung hantu salju dan kehidupan mereka di lingkungan Arktik yang keras.

Sumber: