10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Indah di Sumba, Banyak Pemandangan Cantik

10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Indah di Sumba, Banyak Pemandangan Cantik

Rekomendasi Tempat Wisata Sumba-Map/Jerry Conney-

RADAR JABAR – Keindahan alam di Indonesia memang tidak ada habisnya, kali ini kami akan memberi daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Sumba paling indah.

Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, terdiri dari empat kabupaten, yaitu Kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur.

Pulau ini menjadi salah satu surga eksotis di wilayah timur Indonesia yang sangat terkenal akan keindahan alam, adat istiadat, dan budayanya.

Sumba dianugerahi beragam kekayaan destinasi wisata yang istimewa, mulai dari air terjun yang mempesona, pantai yang begitu cantik, hingga kemegahan alam bukit-bukit Padang Savana yang sempurna.

10 Rekomendasi Tempat Wisata Sumba

Berikut adalah daftar spot wisata di Sumba yang paling cantik untuk Anda kunjungi saat liburan nanti bersama teman dan keluarga.

1. Air Terjun Waimarang

Air terjun Waimarang merupakan salah satu air terjun paling indah di Sumba. Terletak tidak jauh dari tebing yang tinggi, air terjun ini jatuh melalui celah tebing yang melingkar hampir sempurna.

BACA JUGA:Eksotisme dan Fakta Menarik tentang Banda Neira Permata di Tengah Maluku

Di sekitar tebing, terdapat kolam alami dengan air jernih berwarna biru tosca, menciptakan sensasi seolah-olah berada di dalam gua. Kolam ini memiliki kedalaman 1 hingga 8 meter dengan tiga tingkatan aktivitas berenang yang menjadi favorit.

Bahkan, kegiatan body jumping dapat dilakukan di sini. Pengalaman tak terlupakan dapat dinikmati setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

2. Kampung Tarung

Kampung Tarung merupakan kompleks perkampungan yang berada di puncak bukit, menghadap kota Waikabuba. Rumah-rumah di kampung ini berbentuk panggung dengan atap jerami, sepenuhnya terbuat dari bahan alami seperti bambu dan akar yang tersusun rapi.

Rumah-rumah ini mengelilingi alun-alun desa, di mana terdapat makam megalitik dan sebuah kuil merapu. Warga Kampung Tarung sangat kuat mempertahankan adat dan budaya leluhurnya agar tidak tergerus oleh zaman.

Ritual adat wajib masyarakat Tarung adalah Wulla Podu, yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai bulan pahit. Ritual ini diyakini sebagai cara menjaga keharmonisan hidup manusia dengan leluhur alam dan hewan, sekaligus sebagai fase pembersihan diri dan ungkapan rasa syukur.

3. Kampung Ratenggaro

Kampung Ratenggaro merupakan sebuah Kampung Adat yang sangat populer dan menjadi ikon wisata di tanah Sumba. Tempat ini dapat membuat Anda merasa seakan kembali ke zaman megalitikum. Nama "Ratenggaro" berasal dari kata "rate," yang berarti kuburan, dan "garo," yang merujuk kepada orang-orang suku pertama yang tinggal di kampung tersebut.

Seperti namanya, tempat ini memiliki cerita sejarah yang magis dan menarik. Di sini, Anda dapat melihat kuburan batu dan menjumpai rumah tradisional berbentuk panggung dengan atap jerami setinggi 15 meter.

Sumber: