Rekomendasi Buah-buahan yang Paling Baik Dikonsumsi untuk Bayi Sebagai Makanan Pendamping ASI

Rekomendasi Buah-buahan yang Paling Baik Dikonsumsi untuk Bayi Sebagai Makanan Pendamping ASI

Rekomendasi Buah-buahan yang Paling Baik Dikonsumsi untuk Bayi Sebagai Makanan Pendamping ASI- Buah-buahan yang Paling Baik Dikonsumsi untuk Bayi-Freepik

RADAR JABAR - Memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi merupakan langkah penting dalam memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Buah-buahan adalah pilihan yang sangat baik sebagai makanan pendamping, karena kaya akan nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI.

 

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah pertama yang dapat diberikan kepada bayi. Kaya akan potassium, vitamin C, dan serat, pisang membantu dalam perkembangan otot dan sistem pencernaan bayi. Pisang juga mudah dicerna, sehingga cocok untuk bayi yang baru memulai makanan padat.

2. Apel

Apel mengandung serat larut dan tidak larut, membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan bayi. Selain itu, apel juga menyediakan vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan tubuh, dan banyak mineral penting. Pastikan untuk mengupas dan memotong apel menjadi potongan kecil agar aman bagi bayi.

 

BACA JUGA:Bahaya Asap Rokok bagi Bayi: Ancaman Serius terhadap Kesehatan Masa Depan

 

3. Avokad

Avokad adalah sumber lemak sehat dan kalori yang tinggi, baik untuk pertumbuhan otak dan tubuh bayi. Kandungan lemak tak jenuh ganda dalam avokad membantu perkembangan sistem saraf bayi. Selain itu, tekstur lembut avokad membuatnya mudah dikonsumsi oleh bayi.

4. Strawberry

Strawberry kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat. Namun, perlu diingat bahwa bayi mungkin lebih rentan terhadap alergi, jadi penting untuk memperkenalkan buah ini satu per satu dan memantau reaksi bayi. Potong strawberry menjadi potongan kecil agar mudah untuk dikonsumsi oleh bayi.

5. Pepaya

Pepaya adalah sumber vitamin A, C, dan E yang baik. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, sementara vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh. Pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu dalam pencernaan. Pilih pepaya yang matang dan potong menjadi potongan kecil untuk memudahkan bayi mengonsumsinya.

 

BACA JUGA:5 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Bayi, Baik untuk Menu MPASI !

Sumber: