5 Tanda Orang yang Telah Selesai dengan Diri Sendiri

5 Tanda Orang yang Telah Selesai dengan Diri Sendiri

Tanda Orang yang Telah Selesai dengan Diri Sendiri dan Penerimaan Diri-Ilustrasi/Unsp-

Saat tugasmu telah benar-benar rampung, kamu pun merasa siap untuk berbagi kehidupan dengan orang lain, menggerakkan untuk mulai belajar menetap, dan yakin memulai komitmen sehidup semati dengan orang lain.

3. Bisa bahagia walaupun tanpa orang lain

Jika kamu masih menjadikan orang lain sebagai satu-satunya alasanmu bahagia, itu menandakan bahwa kamu belum selesai dengan dirimu sendiri. Orang yang sudah selesai dengan dirinya paham kualitas diri dan apa yang mereka inginkan dalam hidup.

Ini membuat mereka menjadi pribadi mandiri yang enggan menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Mereka mampu menciptakan kebahagiaan dengan cara mereka sendiri.

4. Tidak merasa iri dengan kehidupan orang lain.

Saat kamu sudah selesai dengan diri sendiri, kamu merasa cukup. Rasa cukup ini membuatmu tidak terbakar rasa iri, meskipun hidup orang lain tampak lebih baik daripada kehidupanmu saat ini.

BACA JUGA:8 Tanda Kamu Tidak Mencintai Diri Sendiri

Pemahaman ini bersamaan dengan penerimaan bahwa setiap manusia memiliki jalannya sendiri. Kamu paham bahwa apa yang orang lain raih belum tentu membuatmu bahagia. Orang yang sudah selesai dengan dirinya lebih memilih untuk bersyukur dan menjalani harinya sebaik-baik usaha mereka.

5. Bisa berdamai dengan diri sendiri

Kebanyakan dari kita tidak sadar bahwa terkadang kita bertikai dengan diri sendiri. Isi kepala dan hati kadang tidak sejalan, yang bisa membuat pertikaian dalam hati kita. Namun, berdamai dengan diri sendiri membuat hidup lebih tenang.

Selain tenang, berdamai dengan diri sendiri juga memudahkan menyelesaikan permasalahan dan mengambil keputusan hidup. Orang yang selesai dengan dirinya, pada puncaknya, berada dalam makam syukur dan ridho terhadap takdir Tuhan.

Dengan sikap ini, Tuhan pun ridho pada dirinya. Mereka tidak lagi terpengaruh oleh kesedihan atau kegembiraan, dalam keadaan sempit atau lapang, bahkan ketika dihina atau dipuji, atau ketika dijauhi atau didekati oleh sesama manusia.

Kondisinya tetap sama, kebahagiaannya hanya mengingat, menyembah, dan bersujud hanya kepada Allah saja. Itulah 5 tanda bahwa seseorang sudah selesai dengan dirinya sendiri. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber: