5 Tanda Orang yang Telah Selesai dengan Diri Sendiri

5 Tanda Orang yang Telah Selesai dengan Diri Sendiri

Tanda Orang yang Telah Selesai dengan Diri Sendiri dan Penerimaan Diri-Ilustrasi/Unsp-

RADAR JABAR – Saat ini sering kita temui orang yang masih mencari arti hidup, bahkan hingga dirinya sudah memasuki usia 40 tahun ke atas. Pencarian yang sering berkecamuk dalam jiwa adalah tanda bahwa dirinya belum selesai dengan penerimaan diri sendiri.

Apakah kamu pernah melihat atau mengenal seseorang yang tetap sabar dan tenang dalam menghadapi musibah? Dia juga tetap tenang saat mendapatkan keberuntungan, selalu terkendali dan sabar saat difitnah, diejek, atau dicaci.

Sebaliknya, dia bersikap kalem saat dipuji, santun, dan rendah hati ketika mendapatkan posisi jabatan atau menjadi pimpinan. Tetapi, dia tetap sopan dan tidak minder ketika menjadi bawahan.

Bersikap biasa saja ketika makan di restoran mewah, tidak menolak makan di warung sederhana di pinggir jalan. Tidak bangga saat naik mobil mewah, juga tidak sungkan saat naik angkot atau bus umum.

Tidak rakus dan tidak menimbun saat diberi kesempatan untuk menjadi orang kaya, juga tidak mengeluh saat jatuh miskin. Menggunakan sandang, papan, dan peralatan dengan tujuan fungsional, bukan untuk dipamerkan mereknya.

Matanya tidak silau dan tidak tergoda oleh keindahan bungkus atau pernak-pernik aksesoris. Dia lebih memilih arti hidup dan teman tanpa membedakan status sosial, gelar, atau posisi. Orang seperti ini sudah selesai dengan dirinya sendiri, kaki tetap menapak bumi saat menjalani realitas kehidupan, tapi jiwanya sudah berada di langit.

BACA JUGA:8 Tanda Wanita High Value, Kamu Termasuk?

Ego dan keakuannya sudah tertaklukan, kehidupan di atas bumi dijalani hanya sebagai peran-peran fana amanah dari Sang Pencipta yang Maha Agung.

Tampilan orang seperti ini mungkin kurang seru dan asik, tidak banyak orang seperti ini, tapi carilah dia dan jadikanlah dia teman sejati. Jika tidak menemukannya, jadilah seperti dia

5 Tanda Telah Selesai Dengan Diri Sendiri

Pertanyaannya, apakah ada parameter yang menunjukkan bahwa kita sudah selesai dengan diri sendiri dan menjadi orang seperti ciri-ciri di atas? Berikut adalah tanda bahwa kamu sudah selesai dengan diri sendiri:

1. Bisa mengontrol ego dan ambisi dengan baik

Ego dan ambisi berpotensi menampilkan sisi negatif jika tidak dikontrol dengan baik. Keduanya harus kamu beri makan hingga kamu mampu mengesampingkannya. Kalau ego dan ambisi sudah kenyang, maka tidak lagi terasa krusuk mengejar sesuatu hanya untuk ego dan ambisi pribadi.

BACA JUGA:5 Tanda Kamu Sedang Menghancurkan Hidup dan Masa Depanmu Sendiri

Kamu akan lebih tenang dalam mengejar sesuatu. Kalau apa yang kamu inginkan tercapai, kamu alhamdulillah, tapi biasa saja. Kalau tidak tercapai, ya bismillah, coba lagi dan biasa saja.

2. Tidak lagi memiliki keinginan untuk hidup bebas

Melepaskan keinginan hidup sesuka hati dan mulai mengikuti aturan adalah tanda bahwa kamu sudah selesai dengan dirimu. Kamu tidak punya keinginan untuk hidup bebas sendirian. Semakin puas kamu mengeksplorasi diri dan kemampuan, semakin merasa penuh dan cukup dalam mencintai diri sendiri.

Sumber: