10 Tempat Wisata Paling Hits di Sukabumi dengan Keindahan Alam Menakjubkan

10 Tempat Wisata Paling Hits di Sukabumi dengan Keindahan Alam Menakjubkan

Rekomendasi tempat wisata menarik di Sukabumi-Map-

RADAR JABAR - Sukabumi adalah wilayah di bagian selatan Provinsi Jawa Barat, yang memiliki keunikan tersendiri. Karena itu kami akan merangkum 10 rekomendasi tempat wisata paling hits di Sukabumi.

Kabupaten ini merupakan yang terbesar kedua di Pulau Jawa, sementara wilayah kotanya menjadi yang terkecil kedua di Indonesia.

Keistimewaan Kabupaten Sukabumi terletak pada Ciletuh Geopark yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Geopark ini menjadi yang pertama di Jawa Barat dan yang ketiga di Indonesia.

Dengan kekayaan alamnya, mulai dari air terjun, cagar alam, pantai, bukit, lembah, hingga keragaman geologi dan hayati, Ciletuh Geopark menawarkan panorama eksotis yang luar biasa.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi

Berikut adalah 10 daftar rekomendasi tempat wisata menarik di Sukabumi yang bisa kamu kunjungi saat liburan bersama teman maupun keluarga.

1. Curug Cikaso

Curug Cikaso, yang terletak di kampung Ciniti desa Cibitung Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu destinasi andalan. Air terjun ini memiliki tiga curahan air setinggi 80 meter dengan lebar sekitar 100 meter.

BACA JUGA:Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi: Bisa Dijadikan Tempat Nge-date Gak Ya?

Di bawah air terjun tersebut, terdapat kolam berwarna hijau kebiru-biruan yang menciptakan suasana asri dan udara yang sejuk. Suara deru gemuruh air menambah pesona dan keindahan tempat ini. Curug Cikaso buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 17.00, tanpa biaya masuk yang mahal.

2. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan salah satu dari sembilan air terjun yang berada di kawasan Geopark Ciletuh. Air terjun ini mengalir dari ketinggian sekitar seratus meter dari tebing Kampung Cimarinjung, menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Keunikan air terjun ini terletak pada tebing tinggi berwarna merah kecoklatan, dikelilingi oleh hutan dan persawahan. Meskipun akses jalannya tidak terlalu mudah, pemandangan yang memikat membuatnya layak dikunjungi.

Salah satu destinasi wisata Sukabumi terbaik ini berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, dan buka setiap hari mulai dari jam 09.00 pagi hingga 17.00 sore dengan tiket yang terjangkau.

3. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang, yang juga masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh, dikenal sebagai Pantai Ciletuh. Terletak di sebuah teluk yang melengkung ke dalam menghadap Samudera Hindia, pantai ini memiliki garis pantai panjang dan area yang luas.

Pasir putih yang lembut melapisi pantainya, sementara lautnya jernih dengan warna biru kehijauan yang cantik. Karena lokasi geografisnya, pantai ini alami terlindungi dari angin laut, membuat ombaknya cenderung kecil dan aman.

Pantai Palangpang juga menyediakan penyewaan wahana air, mulai dari perahu hingga banana boat, dengan tarif yang relatif terjangkau. Snorkeling dan diving juga bisa dicoba di sini.

Sumber: