5 Rekomendasi Wisata Air di Yogyakarta Selain Pantai untuk Liburan Akhir Tahun 2023

5 Rekomendasi Wisata Air di Yogyakarta Selain Pantai untuk Liburan Akhir Tahun 2023

5 Rekomendasi Wisata Air di Yogyakarta Selain Pantai untuk Liburan Akhir Tahun 2023-Air Terjun Kedung Pedut-Situs resmi Dinpar Kulon Progo

Radar Jabar – Sedang merencanakan liburan akhir tahun 2023 ke Yogyakarta (Jogja)? Ada informasi yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. Terdapat lima rekomendasi wisata air di Jogja selain pantai untuk liburan akhir tahun 2023 yang cocok dikunjungi.

 

Wisata air termasuk salah satu tempat atau destinasi favorit banyak orang, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Yogyakarta pun termasuk salah satu daerah di Bumi Pertiwi dengan kekayaan wisata airnya, dan itu tidak hanya pantai.

 

Apabila Anda ingin berlibur akhir tahun dengan mengunjungi wisata air non-pantai di Jogja, simak pembahasan berikut. Inilah lima rekomendasi wisata air yang seru di Yogyakarta selain pantai sebagaimana kami lansir dari berbagai sumber.

 

Rekomendasi Wisata Air di Jogja Selain Pantai untuk Liburan Akhir Tahun 2023

 

1. Air Terjun Kedung Pedut

 

Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Salah satu keunikan dari wisata air ini adalah warna airnya yang jernih dan berubah menjadi berwarna tosca. 

 

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sepanjang jalan setapak sekitar 500 meter menuju lokasi air terjun, yang dikelilingi oleh aliran sungai dan spot-spot foto menarik. Selain itu, terdapat permainan tambahan seperti flying fox yang dapat dinikmati pengunjung.

 

BACA JUGA:Jogja Emang Terbaik Sih! Inilah 10 Tempat Wisata Terbaru dan Paling Populer di Yogyakarta

 

Rute terbaik untuk mencapai Kedung Pedut adalah dengan menempuh perjalanan sekitar 50 km ke arah barat dari kota Yogyakarta, melewati Jalan Godean ke barat.

 

 

2. Telaga Biru Semin

 

Telaga Biru Semin adalah sebuah danau kecil yang terletak di daerah Semin, Gunung Kidul, Yogyakarta.  Danau ini merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan yang indah dan merupakan tempat yang cocok untuk berswafoto.

 

Tempat yang berlokasi di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini menawarkan lubang yang terisi air dengan warna biru toska cantik, terutama saat musim hujan. Air di dalam danau ini menjadi biru karena bercampur dengan batu kapur, menciptakan pemandangan yang indah.

 

Selain pemandangan telaga, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam hijau di sekelilingnya. Rute menuju Telaga Biru Semin relatif mudah dijangkau, sehingga tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati keindahannya dan berfoto-foto.

 

BACA JUGA:Wisata Pantai Jogja Terbaru, Nikmati Potret Bentang Tepi Laut Terpanjang di Pantai Sepanjang!

 

3. Puncak Becici

 

Puncak Becici, juga dikenal sebagai Pinus Becici, merupakan objek wisata alam yang terletak di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan ini menawarkan pemandangan indah dengan hamparan perbukitan yang ditumbuhi pohon pinus, serta memiliki gardu pandang yang memungkinkan pengunjung melihat pesona Kota Yogyakarta dari ketinggian.

 

Lalu pada sore hari, pengunjung dapat menikmati sunset dan melihat kecantikan CandiPrambanan bagian utara serta indahnya pantai selatan. Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas menarik seperti outbound.

 

4. Embung Grigak

 

Embung Grigak adalah sebuah embung atau waduk yang terletak di Petung, Kelurahan Giriwungu, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Embung ini dibangun untuk mengatasi persoalan kelangkaan air untuk pertanian dan sebagai kawasan wisata terutama green tourism.

 

Embung Grigak menawarkan suasana Eropa dengan pemandangan danau yang indah. Pemandangan tempat ini terbilang indah sebab terletak di tepi laut. Tujuan awal pengadaan Embung Grigak adalah untuk mengairi lahan pertanian di musim kemarau dan juga sebagai wadah budidaya ikan.

 

BACA JUGA:Mau Healing Tanpa Pusing ? Ini 5 Rekomendasi Wisata Murah di Jogja Hanya dengan 25 Ribu Bisa Liat Bintang !

 

5. Air Terjun Sri Gethuk

 

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo sehingga untuk menikmatinya harus menyelusuri sungai dengan rakit.

 

Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan serta suasana yang menenangkan. Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan berupa tebing kapur di kanan-kiri dan rimbunnya pepohonan.

 

Kemudian Air Terjun Sri Gethuk memiliki tinggi sekira 25 meter dengan 3-5 terjunan air terjun tergantung musim. Air terjun tersebut juga dikenal sebagai air terjun yang tidak pernah kering karena aliran airnya terus mengalir tanpa mengenal musim.

 

Dengan rekomendasi ini, diharapkan Anda dapat menemukan destinasi wisata air yang menarik dan menyenangkan untuk liburan akhir tahun di Jogja.

Sumber: