11 Buah Tinggi Antioksidan Tinggi yang Bagus Tubuh, Pencegah Berbagai Penyakit

11 Buah Tinggi Antioksidan Tinggi yang Bagus Tubuh, Pencegah Berbagai Penyakit

11 Buah Tinggi Antioksidan Tinggi yang Bagus Tubuh, Pencegah Berbagai Penyakit-Strawberry salah satu buah tinggi antioksidan yang baik untuk tubuh-Pixabay

Radar Jabar – Akhir-akhir ini perubahan cuaca berlangsung sangat cepat sehingga menimbulkan potensi meningkatnya risiko tubuh terkena penyakit. Hal ini membuat banyak orang melakukan banyak cara dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, seperti mengonsumsi buah-buahan.

 

Tidak hanya sekadar buah, disarankan untuk mengonsumsi buah tinggi antioksidan secara rutin. Buah-buahan tinggi antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat melindungi tubuh dari berbagai risiko serangan penyakit dan memperbaiki kerusakan sel.

 

Melansir dari berbagai sumber, ada sederet buah tinggi antioksidan yang baik untuk tubuh. Buah-buahan yang tinggi antioksidan memungkinkan kinerja setiap organ tubuh berfungsi dengan maksimal.

 

Blueberry

Kaya akan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas berbahaya, mengurangi peradangan, dan menunda penurunan fungsi otak.

 

Strawberry

Antioksidan antosianin di dalam strawberry dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

 

Elderberry

Elderberry mencegah peradangan dan stres oksidatif penyebab diabetes.

 

Cherry

Ceri kaya akan tanin terhidrolisis, antosianin, dan punikalagin yang memiliki sifat antiinflamasi, antihipertensi, dan antiatherogenik.

 

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang ada pada ceri juga dapat melawan stres oksidat sehingga bisa mencegah penyakit kronis serta penuaan dini.

 

Goji Berry

Dikenal sebagai superfood, goji berry mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Tomat

Tomat akan antioksidan, seperti vitamin C, yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung sekaligus menurunkan risiko kanker.

 

Semangka

Semangkan kaya akan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

 

Jambu Biji

Jambu biji punya fungsi melindungi kulit dari kerusakan, memperlambat penuaan, dan mencegah keriput.

 

Delima

Delima kaya akan flavonoid, antosianin, dan ellagitanin yang dapat mempercepat penyembuhan luka, mencegah komplikasi penyakit jantung, dan baik untuk kesehatan usus besar.

 

Pepaya

Pepaya mengandung likopen yang dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan efek perlindungan lemak baik pada tubuh.

 

Buah Naga

Buah naga merupajan salah satu buah tropis dengan kandungan segudang nutrisi dan antioksidan. Buah-buahan satu ini mengandung betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid yang bersifat anti kanker.

 

Itulah beberapa buah tinggi antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan mengonsumsi buah-buahan tinggi antioksidan ini, kita dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mencegah berbagai penyakit.

Sumber: