Sembunyikan Lokasimu dengan WhatsApp Fitur Protect IP Address in Calls

Sembunyikan Lokasimu dengan WhatsApp Fitur Protect IP Address in Calls

Sembunyikan Lokasimu dengan WhatsApp Fitur Protect IP Address in Calls- WhatsApp Fitur Protect IP Address in Calls-

RADAR JABAR - WhatsApp milik Meta secara resmi meluncurkan fitur privasi baru dalam layanannya yang disebut "Lindungi Alamat IP dalam Panggilan". Fitur ini bertujuan untuk menyembunyikan alamat IP pengguna dari pihak lain dengan mengalirkan panggilan melalui server WhatsApp, sehingga mengamankan privasi pengguna.

“Panggilan dienkripsi secara end-to-end, jadi meskipun panggilan disampaikan melalui server WhatsApp, WhatsApp tidak dapat mendengarkan panggilan Anda,” ungkap perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada The Hacker News.

Tujuan utamanya adalah untuk membuat sulit bagi pelaku kejahatan dalam panggilan untuk mengidentifikasi lokasi pengguna dengan menjaga koneksi tetap aman melalui server WhatsApp. Meskipun demikian, pengguna perlu menyadari bahwa mengaktifkan opsi privasi ini dapat menyebabkan sedikit penurunan kualitas panggilan.

Dari perspektif ini, fitur tersebut menyerupai Relai Pribadi iCloud milik Apple, yang menambahkan tingkat anonimitas dengan merutekan sesi penjelajahan Safari pengguna melalui dua relai internet yang aman.

Penting dicatat bahwa fitur "Lindungi Alamat IP dalam Panggilan" sudah dalam pengembangan setidaknya sejak akhir Agustus 2023, seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh WABetaInfo.

“Dengan mengaktifkan fitur ini, semua panggilan Anda akan diteruskan melalui server WhatsApp, memastikan bahwa pihak lain dalam panggilan tersebut tidak dapat melihat alamat IP Anda dan kemudian menyimpulkan lokasi geografis Anda secara umum,” ucap WhatsApp.

 

BACA JUGA:WhatsApp Fitur Verifikasi Email, Begini Caranya!

 

Fitur ini dibangun di atas fitur privasi sebelumnya yang dikenal sebagai "Silence Unknown Callers," yang tidak hanya bertujuan melindungi pengguna dari kontak yang tidak diinginkan, tetapi juga untuk mengurangi risiko serangan zero-click dan spyware.

Fitur baru ini memberikan lapisan privasi dan keamanan tambahan yang khususnya ditujukan bagi pengguna kami yang paling sadar akan privasi.”

Implementasi panggilan senyap di WhatsApp melibatkan penggunaan protokol khusus yang dirancang untuk mengurangi pemrosesan data yang dapat dikendalikan oleh penyerang, dengan menyertakan apa yang disebut sebagai token privasi.

“Yang terpenting, demi privasi pengguna kami, server tidak mempelajari apa pun tentang hubungan sebenarnya antara penelepon dan penerima dari token. Dengan desain fitur ini, panggilan menjadi vektor yang kurang menarik bagi penyerang.

Selanjutnya, server memeriksa validitas token bersama dengan beberapa faktor lainnya untuk menentukan apakah penerima panggilan mengizinkan pengirim untuk menelepon mereka.

Sumber: