Pemprov Papua Barat Lakukan Pendataan UMKM dan Koperasi

Pemprov Papua Barat Lakukan Pendataan UMKM dan Koperasi

Pemprov Papua Barat Lakukan Pendataan UMKM dan Koperasi-epala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat Enos Aronggear saat diwawancara awak media di Manokwari, Senin (30/10- ANTARA/Fransiskus Salu Weking

 

"Dengan memiliki data koperasi dan UMKM yang komprehensif, kita dapat mengukur kontribusi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi daerah" tambah Enos

 

Pendataan koperasi dan pelaku UMKM dilakukan secara detail, termasuk data nama dan alamat, yang akan memudahkan pemerintah daerah dalam pengawasan.

 

Data yang ada dalam ODS juga akan menjadi acuan dalam merancang program pengembangan kapasitas koperasi dan pelaku UMKM secara berkelanjutan.

BACA JUGA:Reaksi Emosional Mahfud MD Ketika Disebut Petugas Partai

 

"Kami memiliki bidang pengawasan. Dengan data yang jelas dan lengkap, masalah yang muncul dapat segera ditangani" ujar Enos Aronggear.

 

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan pelatihan manajemen keuangan kepada wirausaha baru dari lima kabupaten di Papua Barat, yaitu Manokwari, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Kaimana, dan Fakfak. Sementara dua kabupaten lain, Manokwari Selatan dan Teluk Wondama, yang menerima dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Koperasi dan UKM, telah menyusun program pelatihan tersendiri.

 

"Untuk kabupaten yang tidak menerima DAK, kami akan melaksanakan program pelatihan khusus," tambah Enos.*

Sumber: antara