Review Lengkap Oppo A98: Punya Spesifikasi Kamera 64MP dengan Segudang Fitur Luar Biasa

Review Lengkap Oppo A98: Punya Spesifikasi Kamera 64MP dengan Segudang Fitur Luar Biasa

Review Spesifikasi Oppo A98 5G-RJ-

SIM tray-nya adalah tipe Hybrid, yang berarti Anda dapat memilih antara menggunakan 2 kartu SIM atau satu kartu SIM plus kartu microSD, tetapi tidak dapat menggunakan 2 kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan

Layar

Pindah ke bagian depan, layer Oppo A98 5G berukuran 6,72 inci dengan panel IPS full HD plus 2400 x 2080 piksel. Refresh rate-nya dapat mencapai 120Hz dan bersifat adaptif.

Ini berarti tingkat refresh rate bisa berubah sesuai dengan aktivitas di layar. Saat di beranda, refresh rate naik ke 120Hz, dan saat tidak ada aktivitas, refresh rate otomatis turun ke 60Hz untuk menghemat daya.

Refresh rate aplikasi bervariasi, ada yang tetap pada 60Hz, ada yang mencapai 120Hz, dan ada juga yang berada di 90Hz. Untuk pemutaran video, refresh rate layar bisa turun hingga 30Hz untuk video berkecepatan frame 30fps, yang membantu menghemat baterai.

Hanya perlu diingat bahwa kami juga menemukan refresh rate layar berjalan pada 50Hz dan 48Hz, sesuai dengan klaim Oppo. Untuk tingkat kecerahan, layar dapat mencapai hingga 680 nit.

Saat kami menguji kecerahan layar dalam ruangan, dapat mencapai 500 nits. Sementara saat kami mensimulasikan kondisi kecerahan yang tinggi, bisa mencapai 620 nits.

Namun, perlu diingat bahwa ini hanya terjadi dalam kondisi yang sangat terang. Jadi, ketika Anda membaca atau melihat ponsel ini dalam kondisi gelap, Anda tidak akan mengalami kecerahan sebesar itu.

Untuk kalibrasi warna, dalam mode Vivid, layar mendekati 100% DCI, sementara dalam mode Natural, lebih dioptimalkan untuk standar sRGB. Mode Natural cocok digunakan saat mengedit foto atau video.

Audio

Di bagian atas, terdapat earpiece yang juga berfungsi sebagai speaker. Ada dua speaker di sini, sehingga menghasilkan suara stereo. Speaker ini cukup lantang dan kualitasnya terbilang memadai. Meskipun volume tidak sekuat beberapa seri lainnya, ada mode Ultra Volume yang bisa meningkatkan volume hingga 200%.

Namun, perlu diingat bahwa kualitas suara mungkin tidak akan sebaik saat mode Ultra Volume dinonaktifkan. Saran kami, jika ingin mendengarkan musik, lebih baik tidak menggunakan mode ini. Namun, jika ingin melakukan panggilan dengan speakerphone dalam jumlah banyak, mode ini bisa berguna.

Kamera

Oppo A98 5G  mempunyai tiga modul kamera dan satu kamera depan. Untuk kamera selfie, terletak pada punch hole di tengah atas layar, memberikan tampilan yang modern. Ini adalah kamera 32MP dengan lensa f2.4 dan memiliki 5 elemen (5P) dengan bidang pandang 89 derajat yang cukup luas. Ini adalah lensa tetap fokus dan mampu merekam video hingga 1080p pada 30 FPS.

Sementara di bagian belakang, terdapat konfigurasi kamera utama triple yang ditempatkan dalam cincin dekoratif kamera.

Untuk kamera utama, memiliki resolusi 64MP dengan bukaan f1.7. Lensanya terdiri dari 6 elemen (6P) dengan bidang pandang 79 derajat dan dilengkapi dengan autofocus.

Kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 FPS. Selain itu, ada juga kamera mikro 40 kali dengan lensa 3P yang mendukung zoom hingga 20 kali dan 40 kali, serta mampu merekam video pada resolusi 720p pada 30 FPS. Kamera mikro ini berguna untuk mengambil objek-objek sangat dekat.

Selain kamera tersebut, terdapat juga kamera ultra wide 2MP dengan bukaan f2.4, serta flash. Ada banyak fitur kamera yang luar biasa dan standar Oppo yang bisa dijelajahi satu per satu.

Sumber: