Bahan Skincare Alami ini Bisa Didapatkan Dirumah! Tips Menanam Lidah Buaya di Rumah

Bahan Skincare Alami ini Bisa Didapatkan Dirumah! Tips Menanam Lidah Buaya di Rumah

Bahan Skincare Alami ini Bisa Didapatkan Dirumah! Tips Menanam Lidah Buaya di Rumah-Tanaman lidah buaya-Freepik/wirestock

Lidah buaya membutuhkan cahaya matahari yang cukup. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari pagi atau sinar matahari yang tersebar dengan baik.

Pastikan ada cahaya yang cukup dari jendela, jika anda menaruh tanaman di dalam ruangan.

6. Perawatan Rutin

Setelah menanam lidah buaya, anda perlu melakukan perawatan rutin untuk menghasilkan lidah buaya yang baik.

  • Hindari air yang berlebihan, karena akar lidah buaya bisa membusuk jika terlalu basah.
  • Potong daun yang rusak atau mati untuk menjaga tampilan tanaman yang sehat.
  • Beri pupuk ringan sekali setahun bila diperlukan.

7. Panen Lidah Buaya

Pastikan Anda memilih tanaman lidah buaya yang telah tumbuh dengan baik dan matang. Gunakan pisau atau gunting tajam yang bersih dan steril. Ini penting untuk menghindari kontaminasi atau infeksi saat Anda memotong lidah buaya. 

Potong daun lidah buaya dengan hati-hati dekat pangkal daun, di mana daun terhubung dengan batang. Cobalah untuk memotong daun sejajar dengan tanah.

Pastikan anda memotong hanya satu atau dua daun pada saat yang sama untuk tidak memberatkan tanaman. 

BACA JUGA:Tips Menanam Cabai di Rumah Sendiri, Hemat Biaya dan Bisa Jadi Cuan!

Manfaat Lidah Buaya

Anda dapat memanfaat  hasil panen lidah buaya yang berupa gelnya pada perawatan kulit, perawatan rambut, dan pengobatan luka. Manfaat utamanya meliputi kemampuannya untuk mengatasi luka bakar, mengurangi jerawat, dan menjaga kulit tetap lembap dan juga mengatasi masalah ketombe dan memperkuat rambut.

Selain itu lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang baik dan dapat digunakan untuk merawat luka sayatan atau mengurangi peradangan pada kulit dan sendi. Lidah buaya juga membantu mengurangi rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi atau penyakit kulit.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda bisa menanam dan merawat lidah buaya dengan mudah di rumah anda. Dengan mengetahui tips menanam lidah buaya dapat membantu anda mendapatkan kualitas lidah buaya yang baik.*

Sumber: