Polisi Tangkap 6 Orang Penyebab Kebakaran Bukit Teletubbies Gunung Bromo

Polisi Tangkap 6 Orang Penyebab Kebakaran Bukit Teletubbies Gunung Bromo

Polisi Amankan 6 Penyebab Kebakaran Bukit Teletubbies Gunung Bromo-Ist-

RADAR JABAR - Aparat kepolisian dari Polres Probolinggo, Jawa Timur, telah mengamankan 6 orang yang diduga terlibat dalam insiden kebakaran di area Blok Savana Bukit Teletubbies, Gunung Bromo, pada hari Kamis, tanggal 7 September 2023.

Saat ini, mereka sedang diminta untuk memberikan keterangan lebih lanjut kepada pihak berwajib.

"Yang bersangkutan (6 orang) sudah diamankan," kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Probolinggo, Inspektur Polisi Dua Zainal Arifin .

Enam orang tersebut diduga terlibat dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Bukit Teletubbies, Gunung Bromo.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Wisata Bromo: Petualangan Tak Terlupakan dengan Keindahan Alam Menawan!

Mereka disebut sebagai kelompok yang tengah melakukan sesi foto prewedding dan telah menyalakan flare. flare inilah yang diduga menjadi penyebab terjadinya kebakaran yang kemudian merambat dan berkembang.

Video yang merekam momen saat kelompok ini melakukan sesi foto prewedding telah tersebar luas di media sosial. Meskipun terlihat di belakang mereka bahwa padang savana Bukit Teletubbies sedang terbakar, mereka tampak bersikap santai.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, sesi foto prewedding mereka dilakukan pada hari Rabu yang lalu.

"Sesuai laporan kejadian dari petugas lapangan, perihal penyebab terjadinya kebakaran (akibat flare) betul, mas,” kata Humas Balai Besar Taman Nasional Tengger Bromo Semeru (BBTNBTS) Hendra.

Akibat insiden tersebut, wisata Gunung Bromo dan area sekitarnya telah ditutup sementara. Saat ini, petugas sedang aktif dalam upaya pemadaman.

Penutupan ini juga diambil untuk mencegah terulangnya kejadian serupa. Dalam video yang beredar, beberapa orang pria maupun wanita terlihat membawa perlengkapan fotografi seperti tripod dan kamera.

Mereka nampak tenang meskipun di latar belakangnya terlihat api yang terus membesar, terutama di sekitar Padang Savana.

"Ini dia orang-orang yang membuat kebakaran, masih santai-santai. Nah ini santai banget dong mereka, wah gak bertanggungjawab nih orang," ujar suara perempuan di dalam video yang viral.

Sedangkan video yag diunggah di akun @Infowargasemeru, menampilkan api besar menjalar hingga di sekitar Bukit Teletubbies.

Sumber: