Pemerintah Rencanakan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung 1 Oktober 2023 Mendatang

Pemerintah Rencanakan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung 1 Oktober 2023 Mendatang

Pemerintah Rencanakan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung 1 Oktober 2023 Mendatang-Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung-

RADAR JABAR - Pemerintah berencana untuk mulai mengoperasikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada tanggal 1 Oktober 2023.

Sesuai rencana, pengoperasian akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan 8 perjalanan kereta pada bulan Oktober.

Kemudian, jumlah perjalanan kereta akan bertambah menjadi 28 pada bulan November, 40 pada bulan Desember, dan mencapai 68 pada bulan Januari 2024.

"Untuk KCJB, kami terus mempersiapkan yang terbaik," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasaldi Gedung DPR, Selasa 5 September 2023.

Pada akhir pekan sebelumnya, Pemerintah telah melakukan uji coba dengan Menhub Budi Karya Sumadi, mengevaluasi kesiapan Stasiun Kereta Cepat Halim.

Mereka juga melakukan perjalanan kereta cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang, yang berlangsung lancar dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dan kecepatan tertinggi hingga 352 km/jam.

 

BACA JUGA:Luluk Sofiatul Jannah Viral Bergaya Sosialita Saat Bentak Siswi Magang hingga Trauma, Warganet: Inimah Gundik!

 

Selain uji coba kereta cepat, Budi Karya Sumadi dan Risal Wasal juga mencoba sistem feeder yang menghubungkan Stasiun Padalarang dengan Stasiun Bandung.

Perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung hanya memerlukan waktu 20 menit. Dengan demikian, perjalanan dari Jakarta ke pusat kota Bandung akan menjadi lebih cepat, hanya sekitar 50 menit.

Untuk mendukung perjalanan kereta feeder, sedang dilakukan sejumlah pembangunan, termasuk pembangunan Skybridge di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung, serta pembangunan Flyover Ciroyom dan Pusdikpom. Semua pembangunan ini diharapkan selesai pada tahun 2023.

"Kami bersama KCIC terus berupaya melakukan penyempurnaan dengan melakukan serangkaian uji coba. Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar dengan hasil yang baik, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada bulan Oktober 2023," ucap Budi Karya Sumadi dalam keterangan resmi, Sabtu 5 September 2023.

Selain itu, ada juga sejumlah akses penghubung dari dan ke Stasiun Padalarang, seperti BTS Trans Metro Pasundan Rute Alun-Alun KBP, Bus Damri Rute Alun - Alun Bandung - Situ Ciburuy (Via Cimahi), serta Rute usulan St. Padalarang - Lembang oleh KBB, dan angkutan perkotaan (angkot) Rute Padalarang - Rajamandala, Rute Padalarang - Cimahi - Leuwipanjang, serta rute Padalarang - Cimahi.

Sumber: