Fenomena Banyaknya Produk Motor Mirip Vespa, Pihak Perusahaan Punya Jawaban Sendiri

Fenomena Banyaknya Produk Motor Mirip Vespa, Pihak Perusahaan Punya Jawaban Sendiri

Mengapa banyak produk motor mirip Vespa? pihak Ymaha, Suzuki, Honda, maupun Piaggio punya jawaban akan akan menjawab fenomena ini-Radar Jabar-

RADAR JABAR - Mengapa banyak produk motor mirip Vespa? Vespa adalah sepeda motor ikonik yang berasal dari Italia, khususnya Vespa klasik. Namun, hanya sedikit orang yang menyukai model motor Vespa klasik ini.

Sedangkan, sebagian besar anak muda cenderung menyukai Vespa tersebut, tetapi tidak ingin merawatnya karena reputasi masalah-masalah yang sering timbul pada motor tua.

Jadi, ketika kita berbicara tentang Vespa klasik, sebagian besar akan direstorasi sepenuhnya agar tahan lama dan bebas dari masalah teknis. Akibatnya, perawatan yang rumit telah membuat generasi muda saat ini lebih tertarik pada Vespa otomatis atau Vespa modern.

Terlebih lagi, tren Vespa otomatis ini telah menjadi sangat populer, yang dulunya motor Vespa jarang terlihat di jalan, tetapi sekarang sudah banyak ditemui, bahkan banyak yang telah dimodifikasi, baik dalam hal penampilan maupun performa mesin. Dengan kata lain, komunitas Vespa matic saat ini telah menjadi sangat besar.

Namun, sayangnya, harga Vespa matic cukup mahal, ditambah untuk perawatannya. Penggantian suku cadangnya pun sangat berbeda dibandingkan dengan motor Jepang. Oleh karena itu, hal ini menjadi inspirasi bagi produsen-produsen Jepang lainnya.

BACA JUGA:Vespa Murah Tapi Mewah? Vespa Urban Club 125 Tampilkan Gaya Retro Klasik dengan Spesifikasi Canggih

Mereka melihat peluang dalam pasar ini dan berusaha meniru konsep Vespa dengan menawarkan produk yang lebih terjangkau. Bahkan saat ini telah menjadi fenomena di mana banyak perusahaan otomotif berlomba membuat produk sepeda motor dengan desain mirip Vespa. Berikut adalah perusahaan otomotif yang mengadopsi desain motor Vespa untuk sebagian produknya.

Yamaha

Yamaha juga ikut dalam tren ini dengan meluncurkan Yamaha Fazzio pada tahun 2022. Yamaha, yang sebelumnya dikenal dengan desain yang sporty, tiba-tiba mengeluarkan model yang lebih klasik.

Selain desainnya, ada hal menarik lainnya pada aspek mesin Yamaha Fazzio. Motor ini dilengkapi dengan sistem hibrida yang menarik perhatian.

Sistem hibrida pada Yamaha Fazzio digunakan untuk memaksimalkan kinerja komponen Smart Motor Generator (SMG). Pada umumnya, komponen ini hanya berfungsi sebagai pendukung untuk memulai motor secara listrik.

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Listrik Smoot Zuzu, Desain Mirip Vespa, Harga Jauh Lebih Murah!

Namun, sekarang juga memiliki peran tambahan, yaitu memberikan tenaga ekstra saat motor sedang berakselerasi. Sistem ini aktif setelah putaran mesin mencapai lebih dari 1300 RPM dan secara otomatis berhenti setelah 3 detik atau ketika putaran mesin mencapai 5500 RPM. Ini merupakan inovasi yang cukup revolusioner.

Namun, jika kita melihat dari segi desainnya, Yamaha Fazzio sangat mirip dengan Vespa, terutama dengan lampu depan bulatnya, mirip dengan Vespa. Yamaha tidak sendiri dalam tren cosplay ini. Mereka juga mengeluarkan Grand Filano, yang sekali lagi, memiliki konsep yang sangat kental dengan gaya Italia.

Bukti dari hal ini adalah harga-harga motor yang meniru Vespa ini, yang hanya setengah dari harga Vespa asli. Misalnya, Yamaha Pajero dan Yamaha Fazio dijual dengan harga mulai dari Rp22 jutaan, sementara Yamaha Filano dijual mulai dari Rp27 jutaan.

Suzuki

Sumber: