Keindahan Sungai Terjernih di Indonesia: Kalibiru Surga di Papua

Keindahan Sungai Terjernih di Indonesia: Kalibiru Surga di Papua

Sungai Kalibiru Papua-Kemenparekraf-

RADAR JABAR - Kalibiru sebagai sungai paling jernih di Indonesia, berliku-liku membelah hutan yang lebat. Pancaran birunya yang mencolok mempertegas keindahannya, ditambah dengan gemercik air yang sayup-sayup bersatu dengan suara hutan yang khas, semakin menyempurnakan Pesona Sungai ini. Dan inilah Kalibiru, salah satu sungai terjernih di Indonesia yang sangat memukau.

Kalibiru dijuluki sebagai surga kecil yang turun ke bumi alam Papua. Memang, sungai ini menjanjikan banyak keindahan yang mempesona. Salah satu yang menarik perhatian adalah Kalibiru, sebuah sungai di tengah-tengah hutan yang lebat, dengan air bening yang berkilauan biru.

Kejernihan ini sulit untuk tidak mengganggu lanskap yang disajikan. Kalibiru, siapapun Anda, pasti akan terpesona oleh keindahan surga ini.

Kalibiru terletak di kampung Warsambin, distrik Teluk Mayalibit, Raja Ampat. Selain Kalibiru, beberapa warga setempat menyebut sungai ini dengan sebutan "warna biar," dalam bahasa Papua, istilah "warabiar" memiliki arti jernih.

BACA JUGA:Keindahan Indonesia Tidak Ada Habisnya, Inilah 8 Wisata Alam Yang Menakjubkan di Ujung Timur Indonesia Papua

Air Sungai Sebiru Langit

Sungai yang airnya sebiru langit di musim semi ini menyimpan sejumlah keistimewaan alam dan legenda yang sangat terkait. Terletak di pedalaman hutan kampung Washandim, dasar sungai yang berisi bebatuan dan pasir ini dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa harus menyelam ke dalam kedalaman.

Diperkirakan bahwa kedalaman sungai ini sekitar 5 meter atau lebih, sementara di beberapa bagian sungai, kedalamannya mencapai 2 sampai 3 meter. Arus sungai yang tenang sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk berenang dan menyelam.

Keistimewaan lain dari Sungai Kalibiru adalah suhu airnya. Meskipun terpapar sinar matahari, suhu air sungainya sekitar 10-20 derajat Celsius, yang tergolong sangat dingin untuk ukuran sungai di Indonesia.

Selain itu, air ini juga bisa langsung diminum karena berasal dari sumber mata air pegunungan yang sangat bersih.

BACA JUGA:Mencicipi Lezatnya Kuliner di Papua: Inilah 7 Rekomendasi Makanan Khas Papua yang Wajib Kamu Coba!

Namun, situasinya berbeda di bagian muara sungai. Suhu air di sana terbagi dua: ada yang sedingin es dan ada pula yang hangat. Secara ilmiah, perbedaan ini dapat terjadi akibat paparan sinar matahari pada sebagian sungai, sementara separuh lainnya tertutupi oleh pepohonan yang lebat dan rimbun.

Karena keindahan yang memukau, orang-orang yang datang ke sini tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara yang sengaja berkunjung untuk menikmati keindahan Raja Ampat secara keseluruhan.

Peraturan Wisata Sungai Kalibiru Papua

Sumber: