Stop Menggunakan Pasta Gigi! Cara Menangani Kulit yang Terkena Air Panas, Langkah-Langkah yang Perlu Diketahui

Stop Menggunakan Pasta Gigi! Cara Menangani Kulit yang Terkena Air Panas, Langkah-Langkah yang Perlu Diketahui

Stop Menggunakan Pasta Gigi! Cara Menangani Kulit yang Terkena Air Panas, Langkah-Langkah yang Perlu Diketahui-Cara Menangani Kulit yang Terkena Air Panas-Freepik

RADAR JABAR - Kulit yang terkena air panas dapat menyebabkan rasa sakit, kemerahan, bengkak, dan bahkan luka bakar yang lebih serius.

Penting untuk segera mengambil tindakan yang tepat untuk meredakan rasa sakit dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada kulit.

Berikut adalah panduan tentang bagaimana menangani kulit yang terkena air panas dengan langkah-langkah yang perlu diketahui.

 

Stop Menggunakan Pasti Gigi! Cara Menangani Kulit yang Terkena Air Panas, Langkah-Langkah yang Perlu Diketahui

 

1. Mendinginkan Kulit

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendinginkan kulit yang terkena air panas. Anda bisa meletakkan kulit di bawah air mengalir yang dingin atau memegangnya di bawah keran air dingin selama 10-15 menit. Ini membantu mengurangi panas pada kulit dan meredakan peradangan.

 

2. Menghindari Penggunaan Es atau Air Es

Meskipun mendinginkan kulit adalah langkah yang penting, hindari penggunaan es langsung atau air es. Paparan suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada kulit dan pembekuan.

 

BACA JUGA:Inilah 10 Cara Efektif Untuk Memudarkan Bibir yang Hitam, Bye Bibir Hitam!

 

3. Hindari Memecahkan Luka Bakar

Jika terbentuk gelembung atau kulit mengalami luka bakar, jangan mencoba memecahkan gelembung tersebut. Gelembung tersebut berfungsi sebagai perlindungan alami dan membantu mencegah infeksi. Biarkan gelembung pecah dengan sendirinya.

 

4. Gunakan Kompres Dingin

Setelah mendinginkan kulit dengan air dingin, Anda dapat menggunakan kompres dingin yang dibungkus dalam kain bersih. Kompres ini membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Sumber: