Ian Kasela Disomasi Sebesar Rp 20 M Dugaan Pencatutan Lagu Cinderella

Ian Kasela Disomasi Sebesar Rp 20 M Dugaan Pencatutan Lagu Cinderella

Ian Kasela Disomasi Sebesar Rp 20 M Dugaan Pencatutan Lagu Cinderella--Twitter

RADAR JABAR- Ian Kasela mendapat somasi yang dilayangkan dari Rival Achmad Labbaika sebagai sosok yang mengaku pencipta lagu Cinderella.

Rival melayangkan somasi kepada Ian Kasela melalui surat kuasa hukumnya yakni Minola Sebayang. Dalam surat somasi itu berisikan bahwa Rival Achmad Labbaika merupakan pencipta lagu Cinderella yang dipopulerkan oleh Ian Kasela dan band Radja.

“Dimana lagu yang berjudul Cinderella tersebut telah ditulis oleh Klien kami sejak tahun 1996 dan telah melakukan recording pada tahun 1998 oleh Klien kami dengan Fresh Band,” tertulis dalam surat somasi tersebut.

Kemudian disebutkan pada poin kedua, pada 2023 Ian Kasela yang disebut Saudara dalam surat somasi tersebut, meminta izin agar Cinderella boleh dibawakan olehnyua dan juga Band Radja. Namun, sampai saat ini tidak ada kontrak lagu.

"Bahwa kemudian pada tahun 2004 di mana Saudara dan Group Band Radja muncul di acara Pesta Indosiar dengan menyanyikan lagu dan membawakan lagu yang berjudul Cinderella tersebut, serta juga menuliskan nama "Ian Kasela-Ipay" dalam kaset dan compact disk (CD) album kedua dan ketiga Group Band Radja sebagai pencipta lagu, dan bukan menuliskan nama Klien Kami sebagai satu-satunya pencipta lagu tersebut," sambung dalam keterangan pada poin nomor tiga.

Oleh karena itu, Ian Kasela dianggap melakukan distorsi karya cipta karena mencantumkan namanya, bukan Rival Achmad Labbaika sebagai pencpita lagu.

Oleh karena itu, Rival mengaku mengalami kerugian berupa hak moral dan kerugian ekonomi karena tidak menerima royalti.

Sumber: