Operasi Patuh Lodaya 2023: Petugas Gabungan di Sukabumi Periksa Urine Awak Bus

Operasi Patuh Lodaya 2023: Petugas Gabungan di Sukabumi Periksa Urine Awak Bus

Petugas gaubungan sedang melakukan pemeriksaan salah satu bus di Terminal Palabuhanratu yang merupakan rangakaian dari Operasi Patuh Lodaya 2023--ANTARA/Aditya Rohman

RADAR JABAR - Untuk mencegah terjadinya kecelakan bus, petugas gabungan dari Polres, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi melakukan pemeriksaan urine awak bus di Terminal Bus Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Pemeriksaan urine para awak bus merupakan rangakian kegiatan Operasi Patuh Lodaya 2023.

"Pemeriksaan urine ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Operasi Patuh Lodaya 2023 yang dilakukan oleh Polres Sukabumi" ujar Ipda Yanuar Fajar, selaku Kepala Unit Penegakan Hukum (Kanit Gakum) Satuan Lalu Lintas (Satlatas) Polres Sukabumi.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Sukabumi dalam pemeriksaan urine kepada awak bus. Menurutnya beberapa awak bus menjalani pemeriksaan urine, baik sopir ataupun kernet.

Langkah tersebut dilakukan agar memastikan para awak bus, khususnya sopir tidak terkena pengaruh narkotika ataupun obat-obatan saat berkendara. Tak hanya itu, kondisi kesehatan para awak bus juga turut diperiksa.

Untuk para awak bus juga diimbau ketika mengemudikan bus kondisi tubuh harus "fit" atau bugar. Demi keselamatan awak dan penumpang bus, serta pengguna jalan raya, para awak bus harus tidak terpengaruh dengan obat-obatan terlarang.

"Pada pemeriksaan urine ini kami tidak menemukan adanya awak bus yang menggunakan obat-obatan maupun narkotika serta kondisi tubu mereka buga atu layak mengoperasikan angkutan masal itu" ujarnya

Petugas juga memeriksa kelayakan operasi setiap bus, selain melakukan pemeriksaan kesehatan serta urine pada awak bus. Tedapat beberapa bus yang menjadi fokus pemeriksaan, dimulai dari mesin, rem, hingga mengcek kondisi ban.

Zaenal, selaku Penguji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi juga mengatakan bahwa pemeriksaan kondisi bus dilakukan untuk memastikan kondisi kendaraan layak jalan untuk keselamatan penumpak ataupun awak bus. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, diketahui bahwa semua bus layak jalan.*

Sumber: