6 Gejala Obesitas yang Wajib Kalian Ketahui dan Perlu Diwaspai Sejak Dini!

6 Gejala Obesitas yang Wajib Kalian Ketahui dan Perlu Diwaspai Sejak Dini!

Gejala obesitas tentu sangat beraneka ragam dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan--(Sumber Gambar : Pixabay/geralt)

RADAR JABAR - Gejala obesitas tentu sangat beraneka ragam dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satu  tanda atau ciri yang paling terlihat adalah adanya kenaikan berat badan yang sangat berlebih dan mengalami lonjakan yang sangat signifikan.

Daripada mengobati lebih baik mencegahnya sedini mungkin, salah satu nya adalah mengetahui gejala obesitas yang tidak boleh diabaikan.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang menunjukan penyakit obesitas yang harus diketahui menurut Dr Rahman Goel, yang merupakan ahli bedah batriatrik senior, Mumbai. Yuk simak yang berikut ini:

1.Sesak Nafas

Salah satu gejala obesitas adalah adanya masalah pada saluran pernapasan yang menyebabkan sesak nafas. Hal ini dikarenakan penderita obesitas merasa sangat sulit untuk bergerak dan tidak mampu menggerakan badan. Nah, oleh sebab itu lemak yang berada disekitar leher dan juga dada akan menyebabkan nafas menjadi pendek.

Orang yang bertubuh gemuk akan mengalami kesulitan bernafas karena adanya lemak ekstra yang mengakibatkan udara sulit mengalir keluar masuk paru-paru. Jadi apabila kalian memiliki berat badan yang berlebih, dan juga mengalami sesak nafas, segera konsultasikan dengan dokter ya.

2.Mulas

Mulas ternyata juga merupakan salah satu gejala obesitas loh guys, hal ini karena kelebihan berat badan bisa berkontribusi terhadap sakit maag dan juga pencernaan seperti mulas, perut panas dan juga nyeri diantara tulang dada dan juga area tenggorokan.

Oh iya, kelebihan lemak pun bisa menyebabkan tekanan pada sistem pencernaan.

Dan hal ini akan menyebabkank isi perut akan terdorong menuju arah kerongkongan. Selain itu, diet tinggi lemak dan juga tinggi kalori akan memberikan kontribusi terhadap kenaikan asam pada penderita obesitas.

 

BACA JUGA:7 Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami yang Gampang dan Bisa Ditemukan di Sekitar, Ampuh !

 

 

3.Masalah Kulit

Salah satu gejala obesitas adalah adanya masalah kulit yang diakibatkan oleh perubahan hormon yang terjadi. Mengakibatkan area pada leher dan juga ada lipatan yang menghitam serta timbul tekstur seperti beludru.

Selain itu, peregangan kulit pun bisa menyebabkan stretch mark, oleh karena itu kelembaban dalam lipatan tubuh bisa mendorong pertumbuhan bakteri dan juga jamur yang akan menyebabkan kulit ruam. Oh iya kapalan di area kaki juga dapat timbul akibat kelebihan berat badan loh.

Sumber: