7 Cara Menurunkan Kolestrol Setelah Makan Daging Kurban

7 Cara Menurunkan Kolestrol Setelah Makan Daging Kurban

Menurunkan kolesterol tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular.--Sumber Gambar : Tangkap layar iStock.com

RADAR JABAR - Menurunkan kolesterol tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Apalagi jika pada hari raya idul adha, biasanya akan dilaksanakan penyembelihan hewan kurban, seperti sapi atau kambing.

Biasanya dijadikan olahan sate atau diolah menjadi berbagai hidangan lain, namun hal tersebut bisa muncul jika terlalu banyak makan daging kurban, seperti kolestrol tinggi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol:

1. Mengatur pola makan Anda: Fokuslah pada makanan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol. Makanlah makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Batasi konsumsi daging merah, produk susu berlemak tinggi, dan makanan olahan. Pilihlah sumber protein rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, dan produk susu rendah lemak.

2. Hindari lemak trans: Lemak trans ditemukan dalam makanan olahan, makanan ringan cepat saji, margarin keras, dan beberapa jenis kue kering. Hindari makanan yang mengandung lemak trans, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

3. Berolahraga secara teratur: Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik per minggu, atau 30 menit setiap hari. Olahraga aerobik seperti jalan cepat, lari, bersepeda atau berenang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL.

4. Pertahankan berat badan yang sehat: Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Perubahan pola makan yang sehat dan olahraga teratur dapat membantu mencapai tujuan ini.

5. Menghindari merokok dan minuman beralkohol: Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

6. Mengelola stres: Stres dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Temukan cara untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk membantu menurunkan stres.

7. Berkonsultasi dengan dokter: Jika perubahan gaya hidup tidak cukup untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, berkonsultasi ke dokter Anda mungkin akan merekomendasikan penggunaan obat kolesterol. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran yang tepat untuk kondisi Anda.

 

Sumber: