Taman Safari Tahura Banten, Dispar Sebut Pembangunan Akan Habiskan Dana Capai Rp1 Triliun

Taman Safari Tahura Banten, Dispar Sebut Pembangunan Akan Habiskan Dana Capai Rp1 Triliun

Rencana Pembangunan Taman Safari Tahura di Provinsi Banten akan habiskan dana Rp1 Triliun untuk ukuran lokasi 200 hektare.-disway.id-dispar.bantenprov.go.id

RADARJABAR.DISWAY.ID - Pembangunan Taman Safari Tahura (Taman Hutan Raya) di Banten diprediksi akan habiskan dana anggaran capai Rp1 Triliun.

Jumlah perkiraan dana tersebut diungkapkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten, dan pihaknya juga menyebutkan rencana pembangunan akan dilakukan di atas lahan seluas 200 hektare.

Al Hamidi selaku Kepala Dispar Banten menuturkan bahwa rencana proyek pembangunan Taman Safari Tahura tentunya membutuhkan dana yang sangat besar.

“Saya belum begitu paham ya, tapi yang jelas dananya sangat besar, kalau hitung-hitungan secara keseluruhan 200 hektare itu kurang lebih Rp 1 triliun,” kata Kepala Dispar Banten, Al Hamidi, Minggu, 18 Juni 2023.

BACA JUGA: Pengadilan Tinggi Bandung Perberat Vonis Mantan Walkot Cimahi Ajay Priatna Jadi 5 Tahun Bui

Melihat dana yang dibutuhkan cukup besar, Pemprov Banten pun akan membuka peluang investasi bagi para investor yang ingin ikut dalam proyek itu.

Katanya, Pemprov Banten pun akan turut berinvestasi dengan menanamkan modal melalui sumber anggaran Pemrpov Banten pada Taman Safari Tahura.

“Mungkin kita di tahun-tahun ini kan mencari investor yang memang punya dana dan mempunyai niat yang kuat untuk membangun karena dananya cukup besar,” terangnya.

Al Hamidi mengungkapkan, pembuatan Taman Safari atqhurq tentunya tidak akan lepas dari Peraturan Daerah (Perda).

Untuk itu, pihaknya pun mendukung akan percepatan Rancangan Perda alias Raperda Tahura Banten yang saat ini tengah digodok oleh Komisi II DPRD Banten bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Banten.

"Kita berharap Raperda ini bisa segera selesai, agar bisa segera membawa kebermanfaatan buat kita semua,” imbuhnya.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Beri Wejangan Kepada Santriwati Pesantren Darunnahdkatain NWDI: Meraih Cita-cita yang Tinggi

Sementara, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan (DLHK) Provinsi Banten menyebut terdapat potensi besar pada taman hutan raya alias Tahura yang berada di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Bahkan, Tahura itu disebut-sebut bisa menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp 1 Milliar (M) lebih pertahunnya.

Sumber: